Saputri, Osi (2024) ANALISIS PENINGKATAN MUTU GURU EKONOMI DITINJAU DARI ASPEK PERSPEKTIF KULTURAL DAN PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA GURU EKONOMI DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (155kB) |
Abstract
Guru memainkan peran sentral dalam proses pembelajaran terutama dalam mata pelajaran yang kompleks seperti ekonomi. Guru ekonomi tidak hanya bertanggung jawab untuk menyampaikan konsep-konsep ekonomi tetapi juga mengembangkan keterampilan analitis dan kritis siswa. Di SMA Negeri 11 kota Jambi, berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan mutu guru ekonomi. Namun, keberhasilan program tersebut perlu ditinjau dari berbagai aspek, termasuk perspektif kultural dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kedua aspek tersebut dalam upaya untuk memahami dan meningkatkan mutu guru Ekonomi di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus dengan menggunakan beberapa data observasi dan hasil wawancara dengan jumlah informan 4 (empat) guru ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan mutu guru ekonomi sudah dilakukan dengan baik, dan guru melakukan monitoring dan evaluasi diri dengan baik, ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar siswa, penguasaan materi, pendekatan pengajaran, dan supervisi yang efektif. Partisipasi aktif dalam kegiatan MGMP dan Bimbingan Teknis (Bimtek) terbukti menjadi strategi krusial dalam meningkatkan kompetensi guru. Aspek kultural, termasuk asimilasi nilai-nilai budaya, penggunaan bahasa inklusif, dan strategi kolaboratif, juga penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang relevan dan mendukung. Selain itu, pendidikan formal memainkan peran kunci dalam meningkatkan mutu pengajaran, memberikan pemahaman mendalam tentang konsep ekonomi dan metode pengajaran yang efektif, sehingga berdampak positif pada pengalaman belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terjadi Peningkatan Mutu Guru Ekonomi Ditinjau dari Aspek Perspektif Kultural dan Pendidikan. Dengan adanya peningkatan maka perspektif orang terkait dengan kultural dan pendidikan semakin luwes. Ini ditandai dengan adanya beberapa aktivitas yang dilakukan guru ekonomi untuk meningkatkan mutu guru seperti melalui monitoring dan evaluasi diri, pelatihan dan pengembangan profesional, pengembangan koneksi materi yang relevan, penggunaan bahasa inklusif, strategi kolaboratif antar guru, dan pendidikan formal berkelanjutan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Mutu, Guru Ekonomi, Kultural, Pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Saputri |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 06:52 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |