PUTRI, RARA KINAYA (2018) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI PENJUALAN SMK NEGERI 2 KOTA JAMBI. PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR. (Unpublished)
Text
COVER.pdf Download (53kB) |
|
Text
Pengesahan.pdf Download (656kB) |
|
Text
Daftar isi dan daftar tabel.pdf Download (196kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (55kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Penjualan SMK Negeri 2 Kota Jambi Oleh : Rara Kinaya Putri Nim : RRA1E113039 Pembimbing I : Dr. H. Hendra Sofyan, M.Si Pembimbing II : Drs. Joni Afri, M.Pd Kata kunci: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar. Peran orang tua penting dalam membantu dan mendorong anak-anak untuk dapat lebih berhasil dalam pendidikannya, karena orang tua yang memberikan perhatian yang optimal akan membuat anak lebih bersemangat dalam belajar dan hasil belajarnya akan lebih baik dibandingkan anak yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Kurangnya dorongan dan perhatian orang tua pada belajar anak sangat berhubungan dengan motivasi belajar anaknya dan keadaan keluarga dapat mempengaruhi keadaan belajar anak. Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMK Negeri 2 Kota Jambi bahwa di sekolah tersebut masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar. Alasan inilah yang mengarahkan peneliti untuk mengangkat judul: Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Penjualan SMK Negeri 2 Kota Jambi. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas XI Penjualan SMK Negeri 2 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, dengan populasi adalah seluruh kelas XI Penjualan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 88 siswa. Jumlah sampel sebanyak 60 yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah berupa angket dengan 54 item terdiri dari 28 item variabel perhatian orang tua serta 26 item variabel motivasi belajar. Item pertanyaan dibuat dengan mengikuti skala model likert, dimana setiap responden dapat memilih jawaban dengan cara memberi ceklist (√) pada lembar jawaban dan terdapat empat alternatif jawaban yaitu “Selalu”, “Sering”, “Kadang” dan “Jarang”. Dengan hasil analisis uji korelasi yang telah dilakukan dengan bantuan SPSS 21.0, dan hasil uji korelasi product moment, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,471. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas XI Penjualan SMK Negeri 2 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RARA KINAYA PUTRI |
Date Deposited: | 18 Jan 2019 07:37 |
Last Modified: | 18 Jan 2019 07:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6738 |
Actions (login required)
View Item |