TRISNA, MILA PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET PENGOLAHAN LIMBAH KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) BERBASIS SUMBER ENERGI ALTERNATIF SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET PENGOLAHAN LIMBAH KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) BERBASIS SUMBER ENERGI ALTERNATIF SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH.
![]() |
Text
COVER DALAM.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (257kB) |
Abstract
ABSTRAK Mila Trisna, 2018. berjudul Pengembangan Media Booklet Pengolahan Limbah Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Berbasis Sumber Energi Alternatif Sebagai Bahan Pengayaan Pembelajaran Biologi Pada Materi Daur Ulang Limbah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si (II) Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D Kata kunci : Booklet, Kelapa sawit, Sumber energi alternatif, Limbah Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah booklet. Booklet merupakan salah satu media pembelajaran berupa cetakan atau buku kecil berukuran 14,8 x 21 cm yang di dalamnya berisi tentang informasi yang disusun secara sistematis dan dilengkapi dengan unsur teks, gambar, foto, dan warna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa booklet berbasis sumber energi alternatif pada materi daur ulang limbah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Kota Jambi dan Desa Niaso, Kecamatan Maro Sebo dari tanggal 08 Maret 2018 sampai 27 September 2018. Data penelitian diperoleh dari hasil penilaian angket oleh validator media dan validator materi, kelompok kecil yang terdiri dari 6 siswa, kelompok besar 22 siswa, 1 guru bidang studi biologi dan 6 masyarakat Desa Niaso, Kecamatan Maro Sebo. Hasil validasi dari ahli media dilakukan sebanyak 3 kali, yaitu validasi tahap I memberikan penilaian sebesar 51,6% dengan kategori “Tidak Baik”, validasi tahap II memberikan penilaian sebesar 76,6% dengan kategori “Baik” dan validasi tahap III memberikan penilaian sebesar 96,6% dengan kategori “Sangat Baik”. Ahli materi melakukan validasi sebanyak 3 kali, yaitu validasi tahap I memberikan penilaian sebesar 78,8% dengan kategori “Baik”, validasi tahap II memberikan penilaian sebesar 91% dengan kategori “Sangat Baik” dan validasi tahap III memberikan penilaian sebesar 91% dengan kategori “Sangat Baik”. Ujicoba pada siswa dengan kelompok kecil diperoleh penilaian sebesar 82,8% dengan kategori “Sangat Baik” dan ujicoba pada siswa kelompok besar diperoleh penilaian sebesar 84,4% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil respon guru bidang studi biologi diperoleh penilaian sebesar 86,1% dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil penilaian oleh 6 orang masyarakat kecamatan Maro Sebo diperoleh penilaian sebesar 95,4% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa booklet hasil pengembangan telah layak digunakan sebagai sumber belajar. Kekurangan pada produk ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | MILA TRISNA |
Date Deposited: | 18 Jan 2019 06:49 |
Last Modified: | 18 Jan 2019 06:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |