PENGEMBANGAN MAJALAH ELEKTRONIK BERBASIS WEBSITE PADA MATERI PLATYHELMINTHES DAN NEMATHELMINTHES PATOGEN PADA HEWAN UNTUK SMA

Chutami, Fajriani PENGEMBANGAN MAJALAH ELEKTRONIK BERBASIS WEBSITE PADA MATERI PLATYHELMINTHES DAN NEMATHELMINTHES PATOGEN PADA HEWAN UNTUK SMA. JURNAL PENGEMBANGAN MAJALAH ELEKTRONIK BERBASIS WEBSITE PADA MATERI PLATYHELMINTHES DAN NEMATHELMINTHES PATOGEN PADA HEWAN UNTUK SMA.

[img] Text
COVER DALAM.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)

Abstract

ABSTRAK Chutami, Fajriani. 2018. Pengembangan Majalah Elektronik Berbasis Website pada Materi Platyhelminthes dan Nemathelminthes Patogen pada Hewan untuk SMA : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari., M.Si (II) Dr. Afreni Hamidah, S.Pt., M.Si. Kata Kunci: Majalah elektronik, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Patogen Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Majalah Elektronik Berbasis Website pada Materi Platyhelminthes dan Nemathelminthes Patogen pada Hewan untuk SMA sebagai sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Kota Jambi pada Oktober 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada validator ahli media, validator ahli materi, kepada kelompok kecil yang terdiri dari 6 siswa, kelompok besar 25 siswa dan 1 guru bidang studi biologi. Hasil penelitian ahli media pada validasi tahap I memberikan penilaian sebesar 56,2% dengan kategori “Tidak Baik”, validasi tahap II persentase meningkat menjadi 89,5% dengan kategori “Sangat Baik”. Saran pada validasi tahap I yaitu ukuran tulisan yang harus diperjelas, warna tulisan dan background diganti, ditambah animasi ataupun gambar, serta tombol pada materi diperjelas. Ahli materi memberikan penilaian sebanyak 2 kali, yaitu validasi tahap I sebesar 70,8% dengan kategori “Baik” dan validasi tahap II persentase meningkat menjadi 91,6% termasuk kategori “Sangat Baik”. Saran pada validasi tahap I yaitu penggunaan bahasa yang tepat sesuai dengan kaidah bahasa indonesia, dan kaitkan dengan materi keanekaragaman hewan secara global. Hasil persepsi guru biologi diperoleh persentase 92,5% termasuk kategori “Sangat Baik”. Ujicoba pada siswa dengan kelompok kecil diperoleh persentase 87,5% termasuk kategori “Sangat Baik” dan ujicoba pada siswa kelompok besar diperoleh persentase 82,5% termasuk kategori “Sangat Baik”. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa majalah elektronik berbasis website hasil pengembangan telah layak digunakan sebagai sumber belajar. Kekurangan pada produk ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: FAJRIANI CHUTAMI
Date Deposited: 18 Jan 2019 06:49
Last Modified: 18 Jan 2019 06:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6742

Actions (login required)

View Item View Item