PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN HEWAN VERTEBRATA UNTUK SMA

MAGDALENA NAINGGOLAN, NATALIA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN HEWAN VERTEBRATA UNTUK SMA. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN HEWAN VERTEBRATA UNTUK SMA.

[img] Text
COVER.docx

Download (34kB)
[img]
Preview
Image
pengesahan.jpg

Download (64kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Nainggolan, Natalia Magdalena., 2018. Pengembangan Media pembelajaran Interaktif berbasis Adobe Flash CS 6 pada Materi Sistem Pernapasan Hewan Vertebrata untuk SMA.: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari., M.Si (II) Agus Subagyo., S.Si., M.Si. Kata Kunci: Media Interaktif, Sistem pernapasan, vertebrata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS 6 pada materi sistem pernapasan hewan vertebrata. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Kota Jambi pada September 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket kepada validator ahli media, validator ahli materi, kelompok kecil yang terdiri dari 6 siswa, kelompok besar 30 siswa dan 1 guru bidang studi biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif dinyatakan melalui validasi para ahli, respon guru dan siswa. Hasil penelitian ahli media pada validasi tahap I memberikan penilaian sebesar 61,53% dengan kategori “Tidak Baik”, validasi tahap II persentase meningkat menjadi 71,15% dengan kategori “Baik” dan validasi tahap III meningkat menjadi 96,15% dengan kategori “Sangat Baik”. Ahli materi memberikan penilaian sebanyak 3 kali, yaitu validasi tahap I sebesar 62,50% dengan kategori “Baik” dan validasi tahap II persentase meningkat menjadi 75% termasuk kategori “Baik” dan validasi tahap III sebesar 83,3%. Hasil penelitian melalui satu kali penilaian oleh 1 guru biologi diperoleh persentase 94,44% termasuk kategori “Sangat Baik”. Ujicoba pada siswa dengan kelompok kecil diperoleh persentase 90,38% termasuk kategori “Sangat Baik” dan ujicoba pada siswa kelompok besar diperoleh persentase 85,55% termasuk kategori “Sangat Baik”. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa media pembelajaran interaktif hasil pengembangan telah layak digunakan. Kekurangan pada produk ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: NATALIA MAGDALENA
Date Deposited: 18 Jan 2019 06:54
Last Modified: 18 Jan 2019 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6743

Actions (login required)

View Item View Item