PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS ECOPRENEURSHIP UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH

SRIFIKRI HIDAYAH, TAUFIK PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS ECOPRENEURSHIP UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH. JURNAL PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS ECOPRENEURSHIP UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH.

[img] Text
COVER DEPAN.pdf

Download (31kB)
[img]
Preview
Image
pengesahan.jpg

Download (907kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)

Abstract

Pengembangan Booklet Berbasis Ecopreneurship Untuk Media Pembelajaran Mandiri Pada Materi Daur Ulang Limbah Oleh: Taufik Srifikri Hidayah 1),Evita Anggereini 2), Bambang Hariyadi 2) 1)Mahasiswa Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi 2)Dosen Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi Email: taufiksrifikri72@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa booklet berbasis ecopreneurship untuk media pembelajaran mandiri pada materi daur ulang limbah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE, Dengan dikembangkannya media booklet berbasis ecopreneurship ini diharapkan dapat membantu permasalahan mengenai limbah khususnya sekam padi dan menumbuhkan jiwa ecopreneurship dikalangan siswa maupun masyarakat. Penelitian dilakukan di SMAN 11 Muaro Jambi dan Desa Pasar Terusan, Kec.Muara Bulian, Kab.Batanghari pada tanggal 5 Januari sampai dengan 5 September 2018. Data yang diperoleh berdasarkan hasil penyebaran angket kepada validator media, validator materi, guru mata pelajaran biologi, 8 orang siswa untuk kelompok kecil siswa, 20 orang siswa untuk kelompok besar siswa, serta 5 orang masyarakat untuk kelompok kecil masyarakat. Hasil penelitian diperoleh melalui validasi media dengan persentase 75% termasuk kedalam kategori “baik”. Validasi ahli materi diperoleh persentase yakni 88,75% yang termasuk kedalam kategori “sangat baik”. Kemudian, hasil respon guru diperoleh persentase 95% termasuk dalam kategori “sangat baik”, hasil dari respon siswa kelompok kecil diperoleh persentase 88,44% termasuk dalam kategori “sangat baik”, hasil respon siswa kelompok besar diperoleh persentase 87,86%yang termasuk dalam kategori “sangat baik” serta hasil respon dari kelompok kecil masyarakat diperoleh persentase 88,5% termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa booklet berbasis ecopreneurship untuk media pembelajaran mandiri pada materi daur ulang limbah layak digunakan sebagai media pembelajaran ataupun sumber belajar mandiri bagi siswa maupun masyarakat. Kata kunci: Booklet, Ecopreneurship, Limbah

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: TAUFIK SRIFIKRI HIDAYAH
Date Deposited: 18 Jan 2019 08:10
Last Modified: 18 Jan 2019 08:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6746

Actions (login required)

View Item View Item