PENGEMBANGAN e-MAGAZINE PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI

JULIANTI, DEWI PENGEMBANGAN e-MAGAZINE PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN e-MAGAZINE PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (27kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN (2).jpg

Download (463kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Julianti, Dewi. 2018. Pengembangan e-Magazine Materi Termokimia untuk Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. rer. nat Muhaimin, M.Si., (II) Drs. Epinur, M.Si. Kata Kunci: e-Magazine, Termokimia Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi(TIK) semakin pesat terutama di bidang pendidikan. Hingga saat ini banyak produk TIK yang telah dihasilkan oleh para ilmuwan dan perusahaan dunia, seperti personal computer (PC). Materi kimia yang bersifat abstrak dan kompleks akan lebih baik diajarkan jika dibantu oleh bahan ajar yang sebenarnya sangat bermanfaat. dipahami dengan desain yang menarik yakni e-magazine (Electronic Magazine) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-magazine pada materi termokimia di SMAN 3 Kota Jambi dan mengetahui respon siswa kelas XI terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi kerangka pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil yakni lima belas orang siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian e-magazine menurut ahli media, ahli materi, dan penilaian guru masing-masing diperoleh rerata skor jawaban sebesar 4,9 (sangat baik); 4,8 (sangat baik); dan 5 (sangat baik) selanjutnya persentase skor respon siswa diperoleh sebesar 96,6 % (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi media maupun materi dan hasil penelitian, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-Magazine ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DEWI JULIANTI
Date Deposited: 21 Jan 2019 06:58
Last Modified: 21 Jan 2019 06:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6748

Actions (login required)

View Item View Item