Harahap, Wini Rossy Mawar Kemampuan Menulis Kembali Dongeng yang Disimak Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tungkal Ulu Tahun Ajaran 2016/2017. Repository Unja.
|
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf Download (556kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Harahap, Wini Rossy Mawar Sari. 2017. Kemampuan Menulis Kembali Dongeng yang Disimak Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tungkal Ulu Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Nazurty, M.Pd., (II) Dra. Hj. Irma Suryani, M.Pd. Kata kunci: kemampuan, menulis, dongeng Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tungkal Ulu yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan isi cerita, gagasan, dan pikirannya melalui kegiatan menulis dongeng. Sesuai dengan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis kembali dongeng yang disimak siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tungkal Ulu tahun ajaran 2016/2017 dilihat dari unsur penggunaan alur, tokoh dan penokohan, latar, diksi, ejaan dan tanda baca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes unjuk kerja. Teknik analisis data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan penghitungan persentase penilaian kemampuan menulis kembali dongeng yang disimak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis kembali dongeng yang disimak siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tungkal Ulu tahun ajaran 2016/2017 dilihat dari unsur penggunaaan alur (plot) memperoleh nilai 82,6% dengan kriteria mampu, penerapan tokoh dan penokohan memperoleh nilai 67,6% dengan kriteria cukup mampu, pendeskripsian latar memperoleh nilai 66,6% dengan kriteria cukup mampu, pemilihan diksi memperoleh nilai 48% dengan kriteria kurang mampu, dan penggunaan ejaan dan tanda baca memperoleh nilai 43% dengan kriteria kurang mampu. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis kembali dongeng yang disimak siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tungkal Ulu tahun ajaran 2016/2017 memperoleh nilai rata-rata 61,56%. Berdasarkan tabel kriteria kualitas kemampuan, nilai tersebut berada pada interval 60%-74% dengan kriteria cukup mampu. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 5 Tungkal Ulu untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang kemampuan menulis kembali dongeng yang disimak dengan memperhatikan aspek alur, tokoh dan penokohan, latar, diksi, ejaan dan tanda baca.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | WINI ROSSY MAWAR S.H |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 07:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2017 07:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/676 |
Actions (login required)
View Item |