Narezka, Winda PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PPKn KELAS VIII SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI. PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PPKn KELAS VIII SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI.
Text
SKRIPSI WINDA NAREZKA cantik.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (98kB) |
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (433kB) |
|
Text
halaman persetujuan.pdf Download (432kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (135kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (173kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (161kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
Abstract
ABSTRAK Winda, Narezka. 2024. Pengaruh Status sosial ekonomi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kelas VIII di SMP N 30 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Salan, M.Si., (II) Heri Usmanto, M.Pd., Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa menganggap proses pembelajaran tersebut membosakan dan waktu pembelajaran juga lama. Maka dari itu siswa belum mampu mendorong motivasinya sendiri dalam pembelajaran PPKn. Guru mata pelajaran mengatakan Kriteri Ketuntasan Minimun (KKM) adalah 75% pada mata pelajlaran PPKn di Sekolah Menengah Pertama 30 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP N 30 Muaro Jambi secara umum dengan sampel meliputi kelas VIII a, VIII b, VIII c dan VIII d . Tujuan diadakan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh dari status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kelas VIII di SMP N 30 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner (angket) yang disebarkan secara langsung kepada responden. Dengan sampel kelas VIII a, VIII b, VIII c dan VIII d Teknik Sampling yang digunakan adalah area sampling secara Purposive. Dengan dasar pengambilan keputusan dari nilai p-value < sig alpha (α = 5%) yaitu 0,020 < 0,05 yang berarti variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Artinya variabel status sosial ekonomi (X1) dan motivasi siswa (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 14,7%. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menggunakan model regresi ganda dengan bantuan SPSS versi 23, terbukti bahwa variabel status sosial ekonomi (X1) dan variabel motivasi (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel hasil belajar (Y).
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Narezka |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 01:44 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 01:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67706 |
Actions (login required)
View Item |