Adriansyah, Nofiyaldi (2024) PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA DI SMP NEGERI 08 MERANGIN. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NOFIYALDI ADRIANSYAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berhasil dan tidaknya proses belajar mengajar Pendidikan Jasmani ditentukan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu guru dan sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani sebagai alat untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar Sekolah.Faktor eksternal yaitu meliputi faktor keluarga, faktor lingkungan dan faktor masyarakat, Penelitian ini bertujuan mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana olahraga di SMP Negeri 08 Merangin. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengurus sekolah dan siwa SMP Negeri 08 Merangin, sedangkan sampelnya adalah kepala sekolah, wakil kepala sarana dan prasarana, guru Pendidikan Jasmanis (PENJAS), dan siswa. Tehnik pengumpulan data dengan melakukan wawancara. Analisis hasil penelitian menggunakan analisis dekspriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan awal dari pengelolaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 08 Merangin adalah perencanaan kebutuhan yang dimulai dengan mengadakan rapat sekaligus mengevaluasi kebutuhan sarana dan prasarana pada tahun sebelumnya. Lalu selanjutnya diadakan pengadaan sarana dan prasarana tersebut dalam upaya merealisasikan rencana kebutuhan pengadaan perlengkapan. Kemudian tahap menajemen penggunaan sarana dan prasarana yang diawali dengan penjadwalan kegiatan oleh guru mata Pelajaran. Terakhir pemeliharaan, hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak fasilitas sarana dan prasarana olahraga di SMP Negeri 08 Merangin yang tidak digunakan. Beberapa diantara alat-alat olahraga tersebut ada yang sudah rusak dan sudah tidak layak dipergunakan kembali, namun sebagian besar alat-alat tersebut masih bagus dan layak dipergunakan, hanya saja pemeliharaan terhadap alat-alat tersebut yang terkesan masih kurang. Berdasarkan penelitian ini disarankan Sarana dan prasarana Penjasorkes adalah salah satu alat yang dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah, oleh karena itu pengelolaan sarana prasarana penjasorkes harus dilakukan dengan optimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kepala sekolah hendaknya memiliki keingingan atau motivasi untuk melengkapi sarana prasarana penjasorkes sebagai bagian dari proses mencapai tujuan pendidikan yang ada di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Sarana Prasarana, Penjasorkes |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan |
Depositing User: | ADRIANSYAH |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 02:48 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 02:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67765 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |