Virzha Audri, Claristha (2024) PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA DAN GENDER TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI DENGAN LOVE OF MONEY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. S1 thesis, Akuntansi.
![]() |
Text
SKRIPSI CLARISTHA FULLllll.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
dafpus.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI CLARISTHA.pdf Download (904kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (254kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan etika dan gender memengaruhi persepsi etis mahasiswa akuntansi di Universitas Jambi, baik secara langsung maupun melalui love of money sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode survei yang menggunakan analisis kuantitatif. Responden dari penelitian adalah mahasiswa akuntansi angkatan 2020–2022 Universitas Jambi, dan kuesioner disebarkan secara online kepada responden. Dalam penelitian ini, populasi penelitian terdiri dari seluruh mahasiswa akuntansi kelas tersebut, dan sampel seratus siswa dipilih menggunakan metode purposive sampling berdasarkan karakteristik yang diidentifikasi. Metode SEM-PLS (Model Equation Structural-Partial Least Square) digunakan untuk menganalisis data dalam tahapan kuantitatif dan deskriptif. Selain itu, teknik bootstrapping digunakan untuk menguji hipotesis untuk menentukan signifikansi p-value. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan tentang etika dan gender secara signifikan berpengaruh terhadap bagaimana mahasiswa memperlakukan etika di mana perempuan lebih cenderung memiliki persepsi moral daripada laki- laki. Selain itu, kecintaan terhadap uang berdampak pada persepsi etis, tetapi tidak mengatasi hubungan antara pengetahuan etis, gender, dan persepsi etis. Mereka yang memiliki pemahaman etika yang lebih baik menunjukkan hubungan material yang lebih seimbang dan kurang tertarik pada pengejaran kekayaan. Tetapi gender tidak selalu berkorelasi dengan perilaku yang berkaitan dengan uang.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Depositing User: | AUDRI |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 01:47 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 01:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |