Analisis Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi

Guspita Sari, Eva (2024) Analisis Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
COVER EVA.pdf

Download (432kB)
[img] Text
SKRIPSI EVA GUSPITA FULL (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HAL PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (496kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sari, Eva Guspita. 2024. Analisis Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd., (II) Rahmawati, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa yang mmeliputi pematuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa guru dan siswa pada saat pembelajaran bahasa Indonesia sedang berlangsung. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak, rekam, dan catat. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian adalah guru dan siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi. Data dalam penelitian adalah tuturan-tuturan yang didapat selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh 30 tuturan penggunaan prinsip kesantunan berbahasa guru dan siswa pada saat pembelajaran bahasa Indonesia sedang berlangsung, yang terdiri dari 23 tuturan pematuhan, dan 7 tuturan pelanggaran. Pematuhan dan pelanggaran terjadi pada maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim pemufakatan, dan maksim kesimpatisan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, terdapat pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa guru dan siswa pada saat pembelajaran bahasa Indonesia sedang berlangsung. Serta peneliti berharap, penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca dalam menuturkan bahasa yang sopan dan santun serta memperluas khazanah dalam kajian pragmatik. Kata kunci: kesantunan, guru dan siswa, pembelajaran bahasa Indonesia ABSTRACT Sari, Eva Guspita. 2024. Analysis of Teacher and Student Language Politeness in Indonesian Language Learning in Class VIII of SMP Negeri 14 Jambi City: Thesis, Department of Language and Literature Education, FKIP Jambi University, Supervisor (1) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd., (II) Rahmawati, M.Pd. The aim of this research is to describe the principles of language politeness which include compliance and violations of language politeness by teachers and students when Indonesian language learning is in progress. The data collection method uses the listening, recording and note-taking method. This type of research is qualitative with a descriptive approach. The research objects were teachers and students at SMP Negeri 14 Jambi City. The data in the research are utterances obtained during the learning process. Based on the results of data analysis, 30 utterances were obtained using the principles of politeness in the language of teachers and students when Indonesian language learning was in progress, consisting of 23 utterances of compliance and 7 utterances of violation. Compliance and violations occur in the maxim of wisdom, the maxim of generosity, the maxim of respect, the maxim of simplicity, the maxim of consensus, and the maxim of sympathy. From the results of the research, it can be concluded that there are compliance and violations of the principles of politeness in the language of teachers and students when Indonesian language learning is taking place. And the researcher hopes that this research can be useful for readers in speaking polite and courteous language and expanding the treasures in the study of pragmatics. Key words: politeness, teachers and students, Indonesian language learning

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesantunan, guru dan siswa, pembelajaran bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: SARI
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:53
Last Modified: 16 Jul 2024 02:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67849

Actions (login required)

View Item View Item