STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI YANG MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN TIPE TALKING STICK

Putri Mardiah, Rezka STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI YANG MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN TIPE TALKING STICK. JURNAL STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI YANG MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN TIPE TALKING STICK.

[img] Text
COVER.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
Image
pengesahan.jpg

Download (494kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)

Abstract

STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI YANG MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN TIPE TALKING STICK Oleh: Rezka Putri Mardiah1), Afreni Hamidah2), Upik Yelianti3) 1)Mahasiswa Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi 2)Dosen Pendidikan Matematika Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi Email: 1)rezka.putrimardiah@gmail.com Abstrak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permasalahan dalam belajar yaitu dengan cara menerapkan model pembelajaran seperti model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan tipe Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa melalui penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan tipe Talking Stick pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimen. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan kelas eksperimen II menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Pengambilan data aspek kognitif menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda, aspek afektif dengan lembar penilaian antar teman dan aspek psikomotor melalui lembar unjuk kerja. Hasil tes yang telah didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. adapun thitung hasil belajar kognitif pre-test adalah 1,1549 dan ttabel adalah 1,67 sedangkan thitung hasil belajar kognitif post-test adalah 1,7997 dan ttabel adalah 1,67. Peningkatan hasil belajar kognitif antara pre-test dan post-test pada kedua kelas eksperimen dihitung dengan uji N-gain diperoleh hasil pada kelas eksperimen I yaitu 0,401 (sedang) dan kelas eksperimen II yaitu 0,375 (sedang). Hasil belajar afektif diperoleh thitung yaitu 2,10289 dan ttabel 1,67, untuk aspek psikomotor diperoleh thitung 2,6652 dan ttabel 1,67. Dari analisis uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasi belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih baik dari pada tipe Talking Stick pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 11 Kota Jambi. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray, Talking Stick, hasil belajar, Studi Perbandingan

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: REZKA PUTRI MARDIAH
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:12
Last Modified: 24 Jan 2019 01:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6792

Actions (login required)

View Item View Item