PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBUATAN LEMANG KANCUNG BERUK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Cahayu, Sri Anika and Siburian, Jodion and Hamidah, Afreni (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBUATAN LEMANG KANCUNG BERUK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Tesis Full_Sri Anika Cahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
Cover Tesis.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (850kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB)

Abstract

Banyak kompetensi yang harus dikuasai pada pembelajaran abad 21dikenal dengan 4C (critical thinking, collaboration, communication dan creativity), faktanya dilapangan kemampuan 4C belum optimal, salah satu kemampuan 4C yang belum optimal adalah critical thinking atau berpikir kritis. Model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis adalah model problem based learning (PBL) berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model PBL berbasis kearifan lokal pada pembuatan lemang kancung beruk terhadap kemampuan berpikir kritis dengan mengontrol kemampuan berpikir kritis awal siswa. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen bentuk non equivalen pretest-posttest control group design dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian adalah Fase D SMP Negeri 6 Sungai Penuh, sampel penelitian kelas VII A dan VII B dengan jumlah siswa 36 orang yaitu masing-masing 18 siswa dari kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal esai kemampuan berpikir kritis indikator FRISCO dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji one-way Ancova dengan kemampuan berpikir kritis awal sebagai kovariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 88,19 dari pada kelas kontrol 70,60. Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari sebelum perlakuan yaitu 43,98 artinya terdapat perbedaan penggunaan model sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil uji hipootesis memperoleh nilai [F(1,33) = 49,515, p <0,001, ηp2 = 0,600] menunjukkan signifikansi p <0,001 yang berarti < 0,05, artinya terdapat pengaruh model PBL berbasis kearifan lokal pada pembuatan lemang kancung beruk dengan nilai effect size ηp2 = 0,600 berpengaruh besar. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) berbasis kearifan lokal pada pembuatan lemang kancung beruk terhadap kemampuan berpikir kritis dengan mengontrol kemampuan berpikir kritis awal siswa.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem based learning (PBL), kearifan lokal, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: SRI ANIKA CAHAYU
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:13
Last Modified: 16 Jul 2024 02:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67956

Actions (login required)

View Item View Item