Arsanti, Dini (2024) Perkembangan Pondok Pesantren Sa'adatudaren di Jambi, 1915-1942. S1 thesis, Ilmu Sejarah.
![]() |
Text
SKRIPSI DINI ARSANTI TUNTAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SKRIPSI DINI COVER.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
SKRPSI DINI PENGESESAHAN,PERSETUJUAN.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI DINI BAB I.pdf Download (542kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI DINI BAB V.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
Abstract
Arsanti, Dini. 2024. Perkembangan Pondok Pesantren Sa’adatudaren di Jambi, 1915-1942. Skripsi. Program Studi Ilmu Sejarah Jurusan Sejarah, Seni dan Arkeologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Prof. Dr.Supian, S.Ag., M.Ag (II) Devi Itawan, M.A. peneltian ini membahas tentang perkembangan Pondok Pesantren Sa’adatudaren di Jambi, 1915-1942. Salah satu lembaga pendidikan Islam tertua yang ada di Provinsi Jambi, khususnya di Jambi Kota Seberang, memiliki arti penting untuk mengetahui bagaimana perkembangan Pondok Pesantren Sa’adatudaren masa kolonial yang menarik untuk diteliti. Adapun permasalahan yang akan menjadi perhatian dalam melakukan penelitian ini adalah bagaimana awal berdirinya pondok pesantren Sa’adatudaren dan bagaimana perkembangan dan eksistensi pondok pesantren Sa’adatudaren pada masa kolonial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sejarah pondok pesantren Sa’adatudaren dan bagaimana pondok pesantren Sa’adatudaren menghadapi kebijakan yang telah dibuat oleh kolonial Belanda. Dalam penelitian ini menggunakan metode sejarah. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode heuristik, kritik sumber, intrepetasi dan histiografi Hasil penelitian ini adalah adanya pondok pesantren Sa’adatudaren yang terletak di Jambi Kota Seberang tidak lepas dari sejarah panjang lembaga pendidikan Islam itu sendiri. Diawali dengan masuknya lembaga pendidikan Islam di Jambi pada abad ke-20, kurikulum dan metode pendidikan, para pemimpin dan tokoh agama, pengaruh terhadap masyarakat lokal, pengaruh peristiwa sejarah atas kebijakan yang dibuat, serta kontribusi terhadap pendidikan Islam di Jambi. Adanya lembaga pendidikan Islam tersebut membuat pemerintah kolonial mengeluarkan kebijakan untuk guru dan sekolah yang melanggar. Kata Kunci : Pendidikan Islam, Pondok Pesantren, Kolonial Belanda
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah |
Depositing User: | ARSANTI |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 06:50 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 06:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |