Kurniawan, Dheni Studi Tentang Kesulitan Belajar Siswa Kelas X dalam Memahami Materi Pelajaran Ekonomi pada Siswa SMA Negeri 11 Kota Jambi. JURNAL Studi Tentang Kesulitan Belajar Siswa Kelas X dalam Memahami Materi Pelajaran Ekonomi pada Siswa SMA Negeri 11 Kota Jambi.
Text
COVER.pdf Download (17kB) |
||
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (460kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (116kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (249kB) |
Abstract
ABSTRAK Kurniawan. Dheni. 2018. “Studi Tentang Kesulitan Belajar Siswa Kelas X dalam Memahami Materi Pelajaran Ekonomi pada Siswa SMA Negeri 11 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Ekonomi. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA. M.Si, Pembimbing II Rosmiati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Kesulitan Belajar Beragam permasalahan yang dialami siswa dalam menjalankan peranannya selaku pelajar di sekolah, kesulitan belajar ini bisa terlihat pada siswa yang mengalami kesulitan memahami materi dalam belajar ekonomi. Kesulitan ini bisa disebabkan oleh dua faktor, bisa dari siswa itu sendiri maupun dari guru yang menyampaikan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan : 1) kesulitan belajar siswa dalam memahami materi pelajaran ekonomi 2) kesulitan belajar siswa dalam mendengarkan penjelasan guru pelajaran ekonomi 3) kesulitan siswa dalam menyimpulkan penjelasan guru tentang pelajaran ekonomi. Penelitian ini termasuk kepada penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Kota Jambi. Sampel berjumlah 43 orang yang dipilih dengan teknik random sampling. Data dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa kelas X dalam memahami materi pelajaran ekonomi berada pada tingkat sedang atau 54,7% yang terjabar pada (1) siswa kelas X memiliki kesulitan belajar dalam mendengarkan materi pelajaran ekonomi sebesar 43,1% yang berada pada tingkat sedang, (2) siswa kelas X mempunyai kesulitan belajar dalam memahami materi pelajaran ekonomi sebesar 62,8% yang tergolong tinggi dan (3) siswa memiliki kesulitan belajar dalam menyimpulkan materi pelajaran ekonomi sebesar 63,7% yang tergolong tinggi. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan bagi guru mata pelajaran ekonomi dengan memberikan metoda pembelajaran yang bervariasi dan memperhatikan variasi kemampuan setiap mahasiswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DHENI KURNIAWAN |
Date Deposited: | 22 Jan 2019 06:58 |
Last Modified: | 22 Jan 2019 06:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6809 |
Actions (login required)
View Item |