PENERAPAN METODE PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI IHSANIYAH KOTA JAMBI

Ritonga, Ayumi Hasnah (2024) PENERAPAN METODE PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI IHSANIYAH KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text
skripsi Ayumi Hasnah full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (338kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui penerapan metode permainan bisik berantai untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa di kelas V MI Ihsaniya Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2024 sampai April 2024. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket kepada siswa. Jenis yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Sumber data peneliti pada penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas V MI Ihsaniyah Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode permainan bisik berantai dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa sebesari 69.76% kemudian pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 81.37%. Dari perbandingan tersebut membuktikan bahwa motivasi belajar siswa kelas V MI Ihsaniyah dapat meningkat secara signifikan, sehingga permainan bisik berantai dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa. Kata Kunci: Penerapan, Metode Permainan, Bisik Berantai, Motivasi Belajar, Bahasa Arab This research aims to describe and determine the application of the chain whisper game method to increase students' motivation to learn Arabic in class V MI Ihsaniya, Jambi City. This research was carried out from March 2024 to April 2024. Research data was obtained by observation, interviews, documentation and distributing questionnaires to students. The type that researchers used in this research was Classroom Action Research (PTK) consisting of two cycles. The data sources for researchers in this study were Arabic language teachers and class V students at MI Ihsaniyah Jambi City. The research results show that the application of the chain whisper game method can increase students' learning motivation. This is evidenced by the fact that in cycle I the average student learning motivation was 69.76%, then in cycle II student motivation increased to 81.37%. From this comparison, it proves that the learning motivation of class V MI Ihsaniyah students can increase significantly, so that the chain whisper game can be applied to increase students' motivation to learn Arabic. Keywords: Application, Game Method, Chain Whispering, Learning Motivation, Arabic

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penerapan, Metode Permainan, Bisik Berantai, Motivasi Belajar, Bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: RITONGA
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:51
Last Modified: 16 Jul 2024 03:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68092

Actions (login required)

View Item View Item