Penerapan Metode Pengembangan Paragraf pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X.I SMA ISLAM AL-Falah Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017

Salamah, Salamah Penerapan Metode Pengembangan Paragraf pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X.I SMA ISLAM AL-Falah Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. repository unja.

[img]
Preview
Text
artikelpdf.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
artikelpdf.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
artikelpdf.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
artikelpdf.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
artikelpdf.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Salamah, 2017. Penerapan Metode Pengembangan Paragraf pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X.1 SMA Islam Al-Falah Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017: Skripsi,Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Herman Budiyono, M,Pd., Pembimbing (II) Dra. Hj. Yusra D,. M.Pd. Kata Kunci: Penerapan, metode pengembangan paragraf, eksposisi. Menerapkan metode pengembangan paragrafpada karangan eksposisi harus sesuai dengan hakikat dan ciri-ciri dari metode pengembangan bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas penerapan metode pengembangan paragraf pada karangan eksposisi siswa kelas X.1 SMA Islam Al-Falah Kota Jambi tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes menulis karangan eksposisi siswa kelas X.1 SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Analisis data yang dilakukan dengan cara Menilai satu persatu tulisan siswa oleh penilai 1 (Guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMA Islam Al-Falah Kota Jambi), dan penilai 2 (Peneliti). Hasil tulisan siswa dianalisis berdasarkan kriteria yang ingin dicapai. Mencari persentase kualitas penerapan metode pengembangan paragraf pada karangan eksposisi. Peneliti menetapkan kriteria kualitas penerapan metode pengembangan paragraf pada karangan eksposisi dengan berpedoman dengan kriteria penilaian dengan skala interval lima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pengembangan paragraf dan kualitas penerapan metode pengembangan paragraf pada karangan eksposisi siswa kelas X.1 SMA Islam Al-Falah Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan rincian umum-khusus: baik (20,59%), kurang baik (14,71%), tidak baik (2,94%). sebab-akibat: baik (5,88%), cukup baik: (5,88%), kurang baik: (14,71%). Contoh: baik (2,94%) dan kurang baik (5,88%). Definisi: baik (11,77%). Klasifikasi: cukup baik (8,82%). Khusus-umum: baik (2,94%). Simpulan hasil penelitian penerapan metode pengembangan paragraf pada karangan eksposisi secara umum diperoleh nilai baik dengan persentase 44,12%, dengan metode pengembangan paragraf yang paling banyak digunakan adalah metode pengembangan paragraf umum-khusus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka peneliti menyarankan kepada siswa perlu memahami metode pengembangan paragraf agar metode yang digunakan bervariasi dan penerapan tiap-tiap metode pengembangan yang digunakan juga harus benar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SALAMAH
Date Deposited: 09 Jun 2017 03:58
Last Modified: 09 Jun 2017 03:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item