PATMA DWI, LUSTY PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP BERBASIS WEBSITE PADA MATERI VERTEBRATA UNTUK KELAS X SMA. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP BERBASIS WEBSITE PADA MATERI VERTEBRATA UNTUK KELAS X SMA.
![]() |
Text
COVER.docx Download (189kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.docx Download (117kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (20kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Dwi, Lusty Patma. 2018 Pengembangan media pembelajaran Mind Map berbasis Website pada materi Vertebrata untuk kelas X SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M.Si., (2) Dr. Evita Anggereini, M.Si. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Mind Map, Website, Vertebrata Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, meliputi persepsi guru dan persepsi peserta didik terhadap media pembelajaran Mind Map berbasis Website pada materi Vertebrata untuk kelas X SMA. Dengan menyebarkan angket kepada siswa dan guru, selanjutnya angket dianalisis menggunakan rumus yang relevan untuk mengetahui hasil persepsi guru dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA N 4 Kota Jambi pada bulan Oktober 2018 dengan jenis penelitian Reseacrh and Development dan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui tahapan analysis, desaign, development, implementation, dan evaluation. Tahapan demi tahapan dilakukan sesuai dengan urutan model pengembangan, lalu hasil dari setiap tahapan di jelaskan sesuai dengan hasil yang di temukan di lapangan. Hasil dari penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data akhir hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor akhir 44 dan persentase 91,66% dengan kategori “sangat baik” berdasarkan aspek kelayakan materi, isi materi, kesesuaian materi dengan silabus, kesesuaian pertanyaan dengan materi dan kesesuaian video dengan isi materi. Selanjutnya validasi media oleh ahli media diperoleh skor akhir 47 dan persentase 97,91% dengan kategori “sangat baik” berdasarkan aspek desain media,kemenarikan tampilan, kesesuaian background media, gambar dan video. Hasil penilaian persepsi guru diperoleh skor 45 dan persentase 93,75% dengan kategori “sangat baik” dan uji coba kelompok kecil diperoleh skor 367 dan persentase 84,96% dengan kategori “sangat baik” serta uji coba kelompok besar dengan skor 1550 dan persentase 89,70% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil yang diperoleh baik dari tim ahli , persepsi guru dan peserta didik, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Mind Map berbasis Website Pada materi Vertebrata untuk kelas X SMA layak digunakan pada kegiatan pembelajaran di kelas ataupun sebagai sumber belajar mandiri bagi peserta didik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | LUSTY PATMA DWI |
Date Deposited: | 22 Jan 2019 08:02 |
Last Modified: | 22 Jan 2019 08:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6810 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |