Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi

Fajar, Muhammad (2024) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)

Abstract

Latar Belakang : Rumah sakit merupakan salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan suatu masyarakat. Untuk mewujudkan RSUD H.Abdul Manap Kota Jambi dapat menjadi pusat rujukan dan pusat pelayanan kesehatan yang bermutu baik, maka rumah sakit tersebut harus benar-benar mampu memberikan pelayanan kesehatan yang baik, namun menurunnya kunjungan pasien mungkin disebabkan oleh pelayanan yang sebelumnya diperoleh pasien. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kunjungan ulang pasien rawat jalan di RSUD H.Abdul Manap Kota Jambi. Metode : Penelitian ini ialah penelitian cross sectional. Penelitian ini telah dilakukan di RSUD H.Abdul Manap Kota Jambi yang dilaksanakan pada bulan Juli hingga November 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 826 Pasien dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden yang diambul menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi. Analisa data menggunakan univariat dan bivariate dengan menggunakan uji fisher exact test. Hasil : Sebagian besar responden memiliki memiliki dukungan keluarga yang baik sebanyak 49 responden (54.4%), pelayanan dokter baik sebanyak 54 (60.0%) responden, pelayanan perawatan yang baik sebanyak 53 (58.9%). Hasil uji statistik dapat disimpulkan ada hubungan Dukungan Keluarga (P=0.007), pelayanan Dokter (p=0.008), pelayanan perawat (0.001) dengan minat kunjungan ulang pelayanan pada pasien rawat jalan di RSUD H.Abdul Manap Kota Jambi. Kesimpulan saran : Dukungan Keluarga, pelayanan Dokter, pelayanan perawat memiliki hubungan yang erat dalam pelayanan kesehatan, maka Perlu ditingkatkan pelayanan dan keandalan untuk mendukung proses pemulihan penderita/pasien secara akurat dan andal serta memberikan layanan yang berkualitas dan memuaskan. Untuk meningkatkan kredibilitas petugas sebagai seorang profesional medis, petugas harus merespons pasien dengan cepat dan tanpa penundaan, jangan membuat pasien menunggu lama untuk pemeriksaan kesehatan, dan melakukan perawatan yang baik dan sopan agar pasien merasakan sangat aman, nyaman dan puas terhadap kinerja pelayanan yang didapat. Kata Kunci : Minat Kunjungan Ulang, Dukungan Keluarga, Pelayanan Perawat dan Pelayanan Dokter

Type: Thesis (S1)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: FAJAR
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:04
Last Modified: 16 Jul 2024 08:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68125

Actions (login required)

View Item View Item