Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII C DI SMP Negeri 19 Kota Jambi

Apriani, Suci (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII C DI SMP Negeri 19 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK SUCI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB 1 SUCI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB 5 SUCI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI (SUCI APRIANI) -1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SUCI.pdf

Download (380kB)
[img] Text
SKRIPSI (SUCI APRIANI)-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (605kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Apriani, Suci. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII C di SMP Negeri 19 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. M. Salam, M.Si., (2) Tohap Pandapotan Simaremare, M.Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, Numbered Head Together, Keaktifan Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PPKn kelas VII C di SMP Negeri 19 Kota Jambi. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan tidak bervariasi. Sehingga akibatnya siswa tidak aktif dalam mengikuti aktivitas di kelas, siswa kebanyakan hanya memperhatikan guru menerangkan materi, sehingga selama proses pembelajaran siswa hanya diam dan tidak ada yang ingin menyampaikan rasa keingin tahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar keaktifan belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Menurut Ekawarna (2013:81) Prosedur PTK didesain untuk 3 siklus, dimana tiap tiap siklus dilaksanakan dalam 3 (tiga) kali tatap muka, Rencana tindakan masing-masing siklus dalam PTK ini dibagi dalam 4(empat) kegiatan, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Implementasi Tindakan, (3) Observasi, (4) Analisis dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dapat dilihat bahwa, keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus persentase keaktifan belajar siswa yaitu 36,8%. Setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together pada siklus I keaktifan belajar siswa menjadi 47,0% mengalami peningkatan 10,2%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,4% menjadi 60,4%. Selanjutnya pada tahap akhir yaitu siklus III Persentase keaktifan belajar siswa mencapai 75,7% dengan mengalami peningkatan sebesar 15,3%. Pada siklus III persentase keaktifan belajar siswa yang diperoleh telah mencapai taraf keberhasilan yang ditentukan yaitu ≥ 75%. Maka dengan ini, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada pembelajaran PPKn dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa Kelas VII C di SMP Negeri 19 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, Numbered Head Together, Keaktifan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: APRIANI
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:40
Last Modified: 16 Jul 2024 06:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68139

Actions (login required)

View Item View Item