BUDIYANTI, FITRIASTUTI PENGEMBANGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MATERI TERMOKIMIA UNTUK KELAS XI MIA DI SMAN 6 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MATERI TERMOKIMIA UNTUK KELAS XI MIA DI SMAN 6 KOTA JAMBI.
Text
1. COVER.docx Download (234kB) |
|
Text
5. HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
|
Text
13. BAB 1.docx Download (28kB) |
|
Text
17. BAB 5.docx Download (19kB) |
Abstract
ABSTRAK Budiyanti, Fitriastuti. 2018. Pengembangan Media Laboratorium Virtual Menggunakan Macromedia Flash Materi Termokimia Untuk Kelas XI MIA Di SMAN 6 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. rer. nat. Muhaimin, S.Pd., M.Si, (II) Dr. Yusnaidar, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Laboratorium Virtual, Termokimia. Praktikum termokimia merupakan suatu kegiatan yang penting dilakukan dalam pembelajaran kimia materi termokimia. Pada kenyataannya, praktikum sering tidak dilakukan dikarenakan keterbatasan alat dan bahan serta resiko terjadinya kecelakaan di laboratorium. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengembangkan media laboratorium virtual menggunakan macromedia flash materi termokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media laboratorium virtual menggunakan macromedia flash materi termokimia untuk kelas XI MIA di SMAN 6 Kota Jambi dan mengetahui tanggapan siswa terhadap laboratorium virtual termokimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti kerangka model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan dalam penelitian ini terdiri dari tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Uji coba produk dilakukan kepada 10 orang siswa kelas XI MIA SMAN 6 Kota Jambi. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah media pembelajaran laboratorium virtual termokimia yang telah divalidasi oleh ahli materi, media dan pengguna (guru) dengan masing-masing skor sebesar 73 (sangat baik); 67 (sangat baik); dan 70 (sangat baik) serta persentase skor tanggapan siswa diperoleh sebesar 89,7% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini media laboratorium virtual termokimia dapat digunakan sebagai media penunjang pembelajaran materi termokimia.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | FITRIASTUTI BUDIYANTI |
Date Deposited: | 23 Jan 2019 02:50 |
Last Modified: | 23 Jan 2019 02:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6816 |
Actions (login required)
View Item |