Aini Atika, Nur (2024) ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM OLEH KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI JAMBI SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI POLITIK PADA PEMILU TAHUN 2024. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
NURAINIATIKA-SKRIPSI-2020 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (774kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
bab 2.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
bab 3.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
bab 4.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text
daftar rujukan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
riwayat hidup.pdf Download (170kB) |
Abstract
Media sosial memberikan dampak terhadap perilaku politik dalam tindakan atau aktivitas yang terkait dengan proses politik, instagram merupakan salah satu media sosial yang dapat digunakan sebagai media sosialisasi politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial instagram oleh Komisi Pemilihan Umum provinsi Jambi sebagai media sosialisasi politik pemilu tahun 2024. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini bahwa media sosial instagram telah menjadi alat bagi Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jambi dalam pemanfaatan menyebarkan pesan politik dan membangun citra mereka selama pemilu. Melalui akun yang populer dan interaktif, mereka dapat mencapai pemilih dengan lebih luas dan berinteraksi langsung dengan mereka. Fitur-fitur seperti jangkauan, penayangan, hashtag, dan penandaan lokasi memungkinkan pesan politik tersebar secara lebih efesien di antara pemilih yang beragam. Dalam pemanfaatan media sosial instagram oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jambi sebagai media sosialisasi, Komisi Pemilihan Umum harus lebih meningkatkan interaksi dengan masyarakat selain dengan like dan komen Komisi Pemilihan Umum bisa menggunakan QNA agar memudahkan masyarakat berinteraksi dan bertanya mengenai apa yang belum mereka pahami. Dalam pelaksanaan sosialisasi politik menggunakan media sosial instagram di Komisi Pemilihan Umun Provinsi jambi ada beberapa hambatan yaitu kurangnya team kreatif yang khusus bertanggung jawab di bidangnya, belum semua kalangan mengetahui sosialisasi yang dilakukan menggunakan instagram, dan partisipasi masyarakat belum begitu besar karena kurangnya kesadaran dalam berpolitik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | ATIKA |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 03:18 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 03:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |