“Efektivitas Penerapan Kumpulan Soal Kimia Argumentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Materi Stoikiometri"

Arnaini Putri, Delvina and Effendi-Hsb, Muhammad Haris and Sanova, Aulia (2024) “Efektivitas Penerapan Kumpulan Soal Kimia Argumentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Materi Stoikiometri". S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text
COVER DELVINA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I DELVINA..pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB 5 DELVINA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (196kB)

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu aspek yang berperan penting dalam kemajuan suatu negara. Pendidikan indonesia menggunakan Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka menekankan pada kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah, mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi argumentasi dan lain-lain. Berdasarkan dengan usaha mengembangkan kemampuan argumentasi siswa, dengan Efektivitas Penerapan buku kumpulan soal kimia argumentasi cocok digunakan untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku kumpulan soal kimia argumentasi terhadap kemampuan argumentasi siswa pada materi stoikiometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proposive sampling yaitu kelas XI F1 B. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah lembar observasi berupa field notes (analisis kualitatif) yang berisikan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,81 dengan kategori tinggi. Pelaksanaan kelas eksperimen mempunyai pengaruh terhadap kemampuan argumentasi dari uji t-dependent = 0,000˂0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak pada materi stoikiometri dikelas XI F1 B. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan buku kumpulan soal kimia argumentasi dalam untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa setelah diterapkan dikelas eksperimen pada materi stoikiometri di SMAN 11 Muaro Jambi dan terdapat banyak faktor pada materi stoikiometri yang dibuktikan dari uji t-dependent dan uji N-gain yang dilakukan

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:48
Last Modified: 17 Jul 2024 06:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68262

Actions (login required)

View Item View Item