ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK PARTISIPASI SISWA FASE E SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI

Ayu Gabriela, Vena (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK PARTISIPASI SISWA FASE E SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (614kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (894kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (132kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Gabriela, Vena Ayu. 2024. Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai Upaya Membentuk Partisipasi Siswa Fase E SMA Negeri 6 Kota Jambi Untuk Penyelesaian Tugas Mahasiswa PPKN Universitas Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Salam, M.Si., (II) Hendra, M.Pd Kata Kunci: P5, partisipasi siswa, fase E. Merdeka belajar merupakan bagian dari kurikulum pada abad 21 sebagai capaian pembelajaran yang merealisasikan Projek Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi P5 dan faktor-faktor penghambat P5 sebagai upaya membentuk partisipasi siswa Fase E. Peneliti melakukan penelitian di sekolah SMA Negeri 6 Kota Jambi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan teknik non-probability sampling berupa teknik purposive. Peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data atau informasi. Kemudian analisis data di reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berbentuk penjabaran berupa kata-kata. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa SMA Negeri 6 Kota Jambi menerapkan kurikulum merdeka yang berfokus untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Memiliki dasar berupa keputusan Kemendikbud Ristek dan keputusan kepala dinas Provinsi Jambi. Implementasi P5 dilaksanakan pada semester ganjil dan genap T.P 2023/2024 di kelas Fase E pada bulan November, Maret, dan April dengan menerapkan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila. Adapun tema P5 yang diterapkan di SMA Negeri 6 Kota Jambi yaitu gaya hidup berkelanjutan, kewirausahaan, dan bangunlah jiwa dan raganya. Faktor-faktor yang menghambat implementasi P5 sebagai upaya membentuk partisipasi siswa yang ditemukan dalam penelitian ini adalah keterbatasan anggaran dari sekolah, keterbatasan orang tua dalam finansial sehingga timbul keterbatasan yang mempengaruhi kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bekerja sama secara optimal, dan keterbatasan perkembangan teknologi bagi guru. Hasil penelitian ini sebagai bentuk masukan bagi sekolah, guru maupun siswa serta pihak yang berkaitan untuk lebih meningkatkan lagi rancangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terutama dalam partisipasi siswa pada pelaksanaan P5. ABSTRAK Gabriela, Vena Ayu. 2024. Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai Upaya Membentuk Partisipasi Siswa Fase E SMA Negeri 6 Kota Jambi Untuk Penyelesaian Tugas Mahasiswa PPKN Universitas Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Salam, M.Si., (II) Hendra, M.Pd Keywords: P5, student participation, phase E. Freedom to learn is part of the curriculum in the 21st century as an achievement learning that realizes the Pancasila Student Profile Project. This research aims to determine the implementation of P5 and the factors inhibiting P5 as an effort to shape Phase E student participation. Researchers conducted research at SMA Negeri 6 Jambi City. Researcher using a qualitative approach with descriptive and using methods non-probability sampling technique is a purposive technique. Researchers do observation, interviews, and documentation to obtain data or information. Then data analysis is reduced, data presentation and conclusions are drawn in the form of a description in the form of words. The results of this research reveal that SMA Negeri 6 Jambi City implements an independent curriculum that focuses on realizing the Pancasila Student Profile. It has a basis in the form of a decision by the Ministry of Education and Culture, Research and Technology and a decision by the head of the department Jambi Province. P5 implementation is carried out in odd and even semesters T.P 2023/2024 in Phase E classes in November, March, and April with applying the six dimensions of the Pancasila Student Profile. Regarding the P5 theme implemented at SMA Negeri 6 Jambi City, namely a sustainable lifestyle, entrepreneurship, and build his body and soul. Inhibiting factors implementation of P5 as an effort to shape student participation was found in this research are school budget limits, person limits financially old so that limitations arise that affect abilities students to communicate and work together optimally, and limitations technological developments for teachers. The results of this research are a form of input for schools, teachers and students as well related parties to further improve the Strengthening Project plan Pancasila Student Profile, especially in student participation in the implementation of P5.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: P5, partisipasi siswa, dan fase E
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Gabriela
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:28
Last Modified: 17 Jul 2024 02:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68283

Actions (login required)

View Item View Item