Pengembangan Media Miniatur Berbasis Kontekstual Pelajaran Matematika Materi Skala dan Pengukuran di Kelas V Sekolah Dasar

Sitanggang, Darnika Oktavriani (2019) Pengembangan Media Miniatur Berbasis Kontekstual Pelajaran Matematika Materi Skala dan Pengukuran di Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Media Miniatur Berbasis Kontekstual Pelajaran Matematika Materi Skala dan Pengukuran di Kelas V Sekolah Dasar. pp. 1-23.

[img] Text
A1D114064_DARNIKA OKTAVRIANI SITANGGANG_ARTIKEL.pdf

Download (650kB)

Abstract

ABSTRAK Oktavriani, D. 2019. Pengembangan Media Miniatur Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran Matematika Materi Skala dan Pengukuran di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Suci Hayati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Media Miniatur, Berbasis Kontekstual, Skala dan Pengukuran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan dan kepraktisan media pembelajaran di kelas V SD Negeri 121/1 Muara Singoan. Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk membantu siswa agar dapat memahami konsep skala dan pengukuran dari faktor-faktor yang menghambat pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk media pembelajaran yang valid dan praktis yaitu media miniatur berbasis kontekstual pada materi skala dan pengukuran di kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode yang digunakan ialah model ADDIE. Hasil penelitian ini berupa media miniatur berbasis kontekstual yang dikembangkan pada materi skala dan pengukuran di kelas V sekolah dasar memperoleh hasil validasi media miniatur dengan nilai rata-rata yaitu 80% termasuk dalam kriteria “valid” dilihat dari kriteria tingkat kevalidan dan revisi produk, untuk hasil dari ahli pembelajaran ialah 81,8% termasuk dalam kriteria “valid” dilihat dari kriteria tingkat kevalidan dan revisi produk dan layak untuk diuji cobakan. Setelah diperoleh hasil validasi, selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar untuk mengetahui kevalidan media miniatur berbasis kontekstual pada materi skala dan pengukuran di kelas V sekolah dasar. Hasil uji coba kelompok besar memperoleh nilai rata-rata 93,75% termasuk dalam kriteria “valid” dilihat dari kriteria tingkat kevalidan dan revisi produk. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa media miniatur berbasis kontekstual yang dikembangkan memperoleh kualifikasi sangat baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini ialah mengetahui prosedur pembuatan produk dengan hasil berupa media miniatur berbasis kontekstual. Kevalidan media pembelajaran diperoleh dari hasil validasi media dan pembelajaran termasuk dalam kategori valid.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DARNIKA OKTAVRIANI S
Date Deposited: 23 Jan 2019 07:30
Last Modified: 23 Jan 2019 07:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6835

Actions (login required)

View Item View Item