Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Biologi Pada Materi Kegagalan Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Siswa Kelas XI IPA SMA

Ariyani, Yessi Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Biologi Pada Materi Kegagalan Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Siswa Kelas XI IPA SMA. JURNAL Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Biologi Pada Materi Kegagalan Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Siswa Kelas XI IPA SMA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (148kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (228kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (262kB)

Abstract

ABSTRAK Ariyani, Yessi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Biologi Pada Materi Kegagalan Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Siswa Kelas XI IPA SMA : Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M.Si., Pembimbing (II) Ali Sadikin, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci : Komik, Digital, Kegagalan Sistem Pertahanan Tubuh Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa komik digital biologi pada materi kegagalan sistem pertahanan tubuh untuk siswa kelas XI IPA SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA N 2 Batanghari pada 10 Oktober 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada validator ahli media, validator ahli materi, kepada kelompok kecil yang terdiri dari 6 siswa, kelompok besar 24 siswa dan 1 guru bidang studi biologi. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempermudah guru dalam proses pembelajaran salah satu nya dengan menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah komik digital biologi. Hasil penelitian ahli media pada validasi tahap I memberikan penilaian sebesar 95% dengan kategori “Sangat Baik”, dan validasi tahap II persentasi meningkat menjadi 100% dengan kategori “Sangat Baik”. Ahli materi memberikan penilaian sebanyak 2 kali, yaitu validasi tahap I sebesar 71,66% dengan kategori “Sangat Baik” dan validasi tahap II persentase meningkat menjadi 100% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penilaian melalui satu kali penilain oleh 1 guru biologi diperoleh persepsi 92,5% dengan kategori “Sangat Baik”. Ujicoba pada siswa dengan kelompok kecil diperoleh persepsi 88,3% dengan kategori “Sangat Baik” dan ujicoba pada siswa kelompok besar diperoleh persepsi 92,91% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa komik digital biologi hasil pengembangan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kekurangan pada produk ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: YESSI ARIYANI
Date Deposited: 23 Jan 2019 07:42
Last Modified: 23 Jan 2019 07:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6837

Actions (login required)

View Item View Item