Putri, Dwi Marleni Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Biologi Pada Materi Insekta Untuk SMA. JURNAL Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Biologi Pada Materi Insekta Untuk SMA.
Text
COVER.pdf Download (148kB) |
||
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (227kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (237kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (459kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (264kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri, Dwi, Marleni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Biologi Pada Materi Insekta Untuk SMA : Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M.Si., Pembimbing (II) Ali Sadikin, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci : Komik, Digital, Insekta Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa media komik digital biologi pada materi insekta untuk SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI 2 Kota Jambi pada 8-9 Oktober 2018. Data penelitian diperoleh dengan memberikan angket kepada validator ahli media, validator ahli materi, kepada kelompok kecil yang terdiri dari 6 siswa, kelompok besar 29 siswa dan 1 guru bidang studi biologi. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempermudah guru dalam proses pembelajaran salah satu nya dengan menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah komik digital biologi. Hasil penelitian ahli media pada validasi dilakukan sebanyak 3 kali, tahap validasi I dengan saran perbaikan penggunaan kata pada dialog komik digital, variasi gambar, dan komposisi warna. Validasi ke II masih dilakukan perbaikan media komik sebagai sumber belajar, ukuran gambar, dan kejelasan tulisan pada media komik digital. Selanjutnya validasi ke III dengan katagori “Sangat baik” dengan nilai skor rata-rata mendapatkan hasil 4. Hasil validasi ahli materi dilakukan sebanyak 3 kali, tahap validasi I dengan saran perbaikan kebenaran subtansi dalam materi pembelajaran, kejelasan informasi yang ditampilkan, penggunaan dialog atau teks yang menarik. Validasi ke II masih dilakukan saran perbaikan manfaat materi untuk sumber belajar, urutan penyajian dalam materi pembelajaran. Selanjutnya Validasi ke III dengan Katgori “Sangat baik” dengan nilai skor rata-rata 4. Hasil penilaian melalui satu kali penilian oleh 1 guru biologi diperoleh Respon 92,5% dengan kategori “Sangat Baik”. Ujicoba pada siswa dengan kelompok kecil diperoleh persepsi 89,6% dengan kategori “Sangat Baik” dan ujicoba pada siswa kelompok besar diperoleh persepsi 84,4% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Komik Digital Biologi hasil pengembangan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kekurangan pada produk ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | MARLENI DWI PUTRI |
Date Deposited: | 23 Jan 2019 07:42 |
Last Modified: | 23 Jan 2019 07:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6838 |
Actions (login required)
View Item |