fadhilah, Sovia Marsa and riyah, kama and Permata Sari, Yulia Indah (2024) Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Tugas Akhir Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB II dan BAB III.pdf Download (606kB) |
![]() |
Text
BAB IV DAN BAB V.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL SOVIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Latar belakang: Mahasiswa mempunyai kewajiban untuk mengerjakan tugas akhir berupa skripsi yang membuat mahasiswa mengalami kecemasan. Kecemasan yang dialami oleh mahasiswa akhir dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor dukungan keluarga, teman sebaya dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan mahasiswa. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 1773 didapatkan 105 sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner state and trait anxiety inventory (STAI), Family Support Scale (FSS), Peer Relationship Scale (PRS) dan kuesioner pengetahuan. Analisa data menggunakan uji correlation gamma. Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa dengan nilai r = 0,024, terdapat hubungan teman sebaya dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa dengan nilai r = 0,005 dan terdapat hubungan pengetahuan dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa didapatkan nilai koefisien gamma r = 0,024. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara dukungan keluarga, teman sebaya dan pengetahuan dengan tingkat kecemasan mahasiswa. Semakin baik dukungan dari keluarga, teman sebaya dan tingkat pengetahuan yang dimiliki maka semakin rendah kecemasan yang akan dialami. Hasil penelitian menyarankan bahwa mahasiswa dapat mengatasi kecemasan dalam menghadapi tugas akhir dengan cara memanfaatkan dukungan sosial seperti dukungan keluarga dan dukungan teman sebaya. Selain itu mahasiswa juga dapat memanfaatkan dan mengelola sumber daya kampus. Terdapat teknik relaksasi seperti meditasi atau nafas dalam yang dapat digunakan ketika mahasiswa sudah merasakan adanya tanda mengalami gejala kecemasan. Kata kunci: Dukungan Keluarga, Kecemasan, Mahasiswa, Pengetahuan, Teman Sebaya. ABSTRACT Background: Students have an obligation to complete a final assignment in the form of a thesis which makes students experience anxiety. The anxiety experienced by final students can be caused by several factors such as family support, peers, and knowledge. This research belongs to determine and understand the factors related to students' anxiety levels. Method: The type of research used is quantitative research with a cross-sectional research design. The research population was 1773, 105 samples were obtained using the cluster random sampling technique. The instruments used were the state and trait anxiety inventory (STAI), Family Support Scale (FSS), Peer Relationship Scale (PRS) and knowledge questionnaire. Data analysis used the gamma correlation. Results: The research results show that there is a correlation between family support and anxiety levels in students with a value of r = 0,024. The research results show that there is a correlation between peers and anxiety levels in students with a value of r = 0,005 The results of the research show that there is a correlation between knowledge and anxiety levels in students, with a gamma coefficient value of r = 0.024. Conclusion: There is a correlation between family support, peers, and knowledge with student anxiety levels. The support from family, peers and better the level of knowledge possessed, the lower the anxiety that will be experienced. Recommendation for students not to feel anxiety to utilize social support such as family support and peer support. Students also utilize and manage campus resources. Relaxation techniques such as meditation or deep breaths can be used when students already feel signs of experienced anxiety symptoms. Keywords: Anxiety, College Students, Family Support, Knowledge, Peers
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Dukungan Keluarga, Kecemasan, Mahasiswa, Pengetahuan, Teman Sebaya. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | FADHILAH |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 06:51 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68418 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |