Pengembangan Bahan Ajar Berupa E-modul Menggunakan Software 3D Pageflip Professional pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Untuk Siswa Kelas X SMA

Jayanti, Weni Dwi Pengembangan Bahan Ajar Berupa E-modul Menggunakan Software 3D Pageflip Professional pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Untuk Siswa Kelas X SMA. JURNAL Pengembangan Bahan Ajar Berupa E-modul Menggunakan Software 3D Pageflip Professional pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Untuk Siswa Kelas X SMA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (2MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)

Abstract

ABSTRAK Jayanti, Weni Dwi. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berupa E-modul Menggunakan Software 3D Pageflip Professional pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing:(I) Dr. Upik Yelianti, M.S (II) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si Kata kunci: e-modul, 3D pageflip professional , klasifikasi tumbuhan Pendidikan bertujuan menciptakan individu yang memiliki potensi diri. Untuk mencapai tujuan pendidikan dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga secara otomatis tujuan pendidikan juga akan tercapai. Untuk itu dibutuhkan sebuah inovasi, salah satunya dengan cara memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk mengembangkan bahan ajar yang dapat menciptakan suasana belajar yang tepat. Materi kalasifikasi tumbuhan merupakan materi yang dirasa sulit dipahami karena cakupannya sangat luas sehingga dibutuhan sebuah bahan ajar yang dapat memuat gambar, animasi serta video yang dapat mengatasi hal tersebut . oleh karena itu dikembangkan sebuah bahan ajar berupa e-modul mengunakan software 3D Pageflip Professional. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, serta Evaluasi. Uji coba dilakukan pada kelompok kecil sebanyak 9 orang dan kelompok besar sebanyak 15 orang. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kebutuhan, angket validasi ahli materi dan ahli media serta angket penilaian pengajar dan respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah bahan ajar berupa e-modul menggunakan software 3D Pageflip Professional. Produk tersebut divalidasi sebanyak 3 tahap oleh ahli materi dan ahli media. Masing- masing memperoleh skor akhir 75 % (baik) dan 93,33 % (sangat baik), sehingga media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Hasil respon guru diperoleh skor guru 1 “91,66 %” (sangat baik), dan skor guru 2 “93,33%” (sangat baik), persentase hasil uji coba kelompok kecil 86,30 % (sangat baik) dan persentase ujicoba kelompok besar 86,11 % (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan dari validasi materi maupun media dan hasil penelitian, secara keseluruhan disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul “sangat baik” digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran Biologi. Bahan ajar e-modul pada materi klasifikasi tumbuhan dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung serta menjadi bahan belajar mandiri dirumah, selanjutnya e-modul ini dapat dikembangkan lebih lanjut oleh peneliti lain pada mareri yang berbeda, selain itu bahan ajar e-modul dapat mengalami pengembangan pada bagian yang dianggap perlu penyempurnaan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: WENI DWI JAYANTI
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:16
Last Modified: 24 Jan 2019 01:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6844

Actions (login required)

View Item View Item