HADIYANA, NOVA ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI TERMOKIMIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI TERMOKIMIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI.
Text
COVER.docx Download (48kB) |
|
Text
7. Lembar Pengesahan.docx Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB I fiks.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB V fiks.docx Download (20kB) |
Abstract
ABSTRAK Hadiyana, Nova. 2018. Keterlaksanaan Model Pembelajaran Koperatif Tipe NHT. Pada Materi Termokimia dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Prof. Dr. M Naswir, M.Si,Pembimbing II: Drs. Haryanto, M.Kes. Kata kunci: Analisis, pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar Siswa dan Termokimia Dalam kegiatan belajar mengajar model pembelajaran yang mampu merangsang keaktifan dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Untuk mengukur hasil belajar ini perlu dilakukan analisis terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada model pembelajaran NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model pembelajaran kooperatiftipe NHT serta pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada materi termokimia di kelas XI SMA Negeri 6 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT baik dari guru maupun siswa, dan soal post-test. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan hasil belajar siswa dicari dengan korelasi product moment. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan uji t.. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran NHT dikategorikan sedang dengan rata-rata rxy= 0,42% dan hasil perolehan uji t diperoleh thitung= 2,69 >ttabel= 1,69,pada α = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi termokimia dapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajran kooperati ftipe NHT terhadap hasil belajar siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Depositing User: | NOVA HADIYANA |
Date Deposited: | 24 Jan 2019 01:16 |
Last Modified: | 24 Jan 2019 01:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6851 |
Actions (login required)
View Item |