SURYANI, LILI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN YANG DILENGKAPI CONTOH ANIMASI UNTUK SISWA KELAS XI SMA. JURNAL PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN YANG DILENGKAPI CONTOH ANIMASI UNTUK SISWA KELAS XI SMA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (128kB) |
Abstract
ABSTRAK Suryani, Lili. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Biologi Interaktif Berbasis Website Pada Materi Sistem Pernafasan Yang Dilengkapi Contoh Animasi Untuk Siswa Kelas XI SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Prof. Dr. Dra. Asni Johari, M.Si., (2) Ali Sadikin, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Multimedia, Interaktif, website, Sistem Pernafasan, Animasi. Proses pembelajaran pada materi sistem pernafasan manusia masih tergolong materi yang sulit dipahami siswa. Hal ini, ditandai dengan adanya serangkaian proses pertukaran gas yang terjadi di paru-paru yang nantinya udara yang masuk melalui hidung sampai ke alveolus mengalami proses yang sangat kompleks, sehingga siswa cenderung harus menghafal materi pelajaran. Selain itu, hal-hal yang menjadi ketidakefektifan siswa dalam belajar ialah salah satunya kurang memanfaatkan media dengan baik. Guru di dalam kelas menyampaikan materi pelajaran sudah sering menggunakan media pembelajaran, namun media pembelajaran yang sering digunakan berupa buku paket, dan power point. Oleh sebab itu, untuk mengatasi problematika pembelajaran di atas, siswa dapat menggunakan multimedia pembelajaran biologi Interaktif Berbasis website dalam mempelajari materi sistem pernafasan manusia yang ditambah contoh-animasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran biologi Interaktif Berbasis website pada materi sistem pernafasan manusia dan menguji kelayakannya, mengetahui penilaian guru mata pelajaran Biologi (1 orang) dan uji kelompok kecil (6 orang siswa kelas XI MIPA 2) serta uji kelompok besar sebanyak 40 orang siswa yang sudah pernah mempelajari materi Sistem Pernafasan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa angket. Produk yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh tim ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli media. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor akhir 49 dan persentase 87,5% dengan kategori “sangat baik” dan hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor akhir 72 atau 90% dengan kategori “sangat baik”. Hasil penilaian guru diperoleh skor 37 dan persentase 92,5% dengan kategori “sangat baik”. Kemudian tanggapan siswa pada ujicoba kelompok kecil dengan melibatkan siswa 6 orang siswa diperoleh persentase sebesar 86,7% dengan kategori “sangat baik” dan tanggapan siswa pada ujicoba kelompok besar dengan melibatkan siswa dalam satu kelas diperoleh persentase sebesar 88% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran biologi interaktif berbasis website pada materi sistem pernafasan yang dilengkapi contoh animasi untuk siswa kelas XI SMA sudah layak digunakan pada kegiatan pembelajaran di kelas ataupun sebagai bahan ajar/pedoman belajar mandiri bagi peserta didik. Kekurangan pada produk ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya agar dapat dimanfaatkan lebih optimal.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | LILI SURYANI |
Date Deposited: | 24 Jan 2019 01:17 |
Last Modified: | 24 Jan 2019 01:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |