Simanjuntak, Resdiana (2023) PENERAPAN PELAYANAN AKTA KELAHIRAN SECARA ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (484kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (10kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (972kB) |
Abstract
INTISARI Birokrasi diharuskan untuk mengubah sistem pelayanan agar dapat melayani masyarakat dengan baik. Sistem pelayanan ini diharapkan dapat diimplementasikan secara baik agar organisasi pemerintah dan masyarakat bisa saling menyesuaikan dengan perubahan perubahan substansi dalam proses pelayanan. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik adalah dengan membuat suatu produk hukum yang mendukung yaitu Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Sistem pelayanan pembuatan akta kelahiran secara online yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Jambi merupakan inovasi strategi pelayanan baru dalam memudahkan urusan masyarakat Melalui inovasi ini perubahan yang terjadi pada pelayanan akta kelahiran secara online yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi. Akta kelahiran online adalah suatu pembuatan data pendudukan dengan prosedur pembuatan secara terhubung menggunakan gadget/hp yang dapat mengakses data maupun informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan dalam pelayanan pembuatan akta kelahiran secara online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pelayanan publik dan Teori E-Government. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam menyelesaikan pelayanan sudah berjalan dan dapat diterapkan masyarakat pengguna dengan baik hanya saja beberapa masyarakat beranggapan pelayanan belum maksimal dari segi pengambilan akta kelahiran masih mengalami antrian. Sarana prasarana Disdukcapil Kota Jambi sudah memadai hanya saja dari beberapa staff dan masyarakat pengguna masih kewalahan menggunakannya. Kata kunci : Akta Kelahian, E-Government, Pelayanan Publik ABSTRACT The bureaucracy is required to change the service system so that it can serve the c well. One of the government’s efforts to improve quality and guarantee the provision of public services is to create a supporting legal product, namely Law Number 25 of 2009 concerning Public Services. The service system for making birth certificates online carried out by the Jamby City Population and Civil Registration Office is a new service strategy innovation in facilitating community affairs. Through this innovation, changes have occurred in online birth certificate services carried out by the Jambi City Population and Civil Registration Service Online birth is a creation of population data with connected manufacturing procedures using gadgets that can access data and information. This study aims to identify and analyze the application of services for making birth certificates online at the Department of Population and Civil Registration in Jambi City. The method used in this study is the public service teon and the E-Government Teon. The method used in this study is descriptive qualitative with data collection through interviews with observations and documentation. The results of this study indicate that completing services is easy and can be applied by the user community well, it’s jst that some people think that the service is not optimal in terms of taking birth certificates, they are still experiencing queues.the infrastructure of the Jambi City Disdkcapil is adequate, but some staff and the user community are still overwhelmed with it. Keywords : Birth Certificate, E-Government, Publik Service
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Birth Certificate, E-Government, Publik Service |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | SIMANJUNTAK |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:09 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68561 |
Actions (login required)
View Item |