Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Flash CS 6 Pada Materi Genetika Untuk Siswa Kelas XII SMA

JULIA, WIWIT Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Flash CS 6 Pada Materi Genetika Untuk Siswa Kelas XII SMA. JURNAL Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Flash CS 6 Pada Materi Genetika Untuk Siswa Kelas XII SMA.

[img] Text
COVER.docx

Download (58kB)
[img] Text
LEBAR PENGESAHAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)

Abstract

ABSTRAK Julia, Wiwit. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Flash CS 6 Pada Materi Genetika Untuk Siswa Kelas XII SMA : Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M.Si., Pembimbing (II) Dr. Afreni Hamidah, S.Pt., M.Si. Kata kunci : Media Pembelajaran, Adobe Flash, Genetika Materi genetika terdiri dari berbagai istilah ilmiah yang sulit dipahami siswa. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk memahami materi tersebut, salah satunya yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash CS 6. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Kota Jambi pada Oktober 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada validator ahli media, validator ahli materi, kepada 1 guru mata pelajaran dan uji kelompok kecil yang terdiri dari 6 orang siswa serta uji kelompok besar yang terdiri dari 28 orang siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Produk yang dikembangkan akan divalidasi oleh tim ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media pada validasi tahap I diperoleh persentase 70,8% dengan kategori “Baik”, validasi tahap II meningkat menjadi 91,6% dengan kategori “Sangat Baik”. Ahli materi memberikan penilaian sebanyak 3 kali, yaitu validasi tahap I diperoleh persentase 58,3% dengan kategori “Tidak Baik”, validasi tahap II diperoleh persentase 77,1% dengan kategori “Baik” dan validasi tahap III diperoleh persentase 95,8% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penilaian guru diperoleh persentase 81,3% dengan kategori “Sangat Baik” dan ujicoba keompok kecil diperoleh persentase 85,8% dengan kategori “Sangat Baik”serta ujicoba kelompok besar diperoleh persentase 85,4% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash CS 6 pada materi genetika untuk siswa kelas XII SMA layak digunakan pada kegiatan pembelajaran dikelas.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: WIWIT JULIA
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:18
Last Modified: 24 Jan 2019 01:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6857

Actions (login required)

View Item View Item