hendrawati, elida susianing and Syahrial, Syahrial and Widowati, Atri (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 1 A SD NEGERI 108/VIII SARI MULYA. S2 thesis, Universitas Jambi.
Text
Tesis ELIDA .pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (316kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN ELIDA.pdf Download (305kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (559kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (489kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (376kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
Abstract
ABSTRAK PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS I A SD NEGERI 108/VIII SARI MULYA Oleh : Elida Susianing Hendrawati Nim.P2A622039 Program Studi Magister Pendidikan Dasar Penggunaan media pembelajaran berbasis video telah menjadi fokus penelitian dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era globalisasi. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 A SD Negeri 108/VIII Sari Mulya dalam mata pelajaran Matematika. Metode yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kolaboratif digunakan selama dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan siswa, tes, dan dokumentasi. Hasil pra-siklus menunjukkan rendahnya motivasi belajar siswa, dengan hanya 32% siswa yang memenuhi seluruh indikator motivasi. Namun, setelah diterapkan media pembelajaran berbasis video, terjadi peningkatan signifikan dalam motivasi belajar, pada siklus 1 yaitu 52 % dan mencapai 86% pada siklus kedua. Hal ini juga tercermin dalam hasil tes, di mana persentase ketuntasan meningkat dari 28% pada pra-siklus, siklus 1 yaitu 48% dan meningkat menjadi 76% pada siklus kedua. Temuan ini menunjukkan bahwa media video memiliki potensi besar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menyajikan konten yang menarik, inspiratif, dan informatif. Selain itu, media video juga terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan materi siswa melalui visualisasi yang memikat, keterlibatan interaktif, dan aksesibilitas yang memungkinkan pembelajaran mandiri. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video, Motivasi belajar, Matematika.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Elida Susianing Hendrawati |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 01:46 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 01:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68603 |
Actions (login required)
View Item |