ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X SMK/MAK PENERBIT BUMI AKSARA DENGAN STANDAR ISI KURIKULUM MERDEKA

Wijaya, Aicha Lagrima (2024) ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X SMK/MAK PENERBIT BUMI AKSARA DENGAN STANDAR ISI KURIKULUM MERDEKA. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] Text
ANALISIS MATERI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X SMK-MAK PENERBIT BUMI AKSARA DENGAN STANDAR ISI KURIKULUM MERDEKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (720kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Wijaya, Aicha Lagrima. 2024. Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X SMK/MAK Penerbit Bumi Aksara dengan Standar Isi Kurikulum Merdeka. Tesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pascasarjana, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M.Pd. (2) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi buku teks Bahasa Indonesia kelas X atau Fase E SMA/SMK yang digunakan oleh siswa kelas X SMK Baiturrahim Jambi terhadap capaian pembelajaran pada Standar Isi yang ditetapkan oleh Badan Standar Kurikulum Asesmen dan Pendidikan Kemendikbudristek Republik Indonesia dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Capaian pembelajaran pada Standar Isi ini dibagi ke dalam empat elemen keterampilan berbahasa yang meliputi elemen keterampilan menyimak, membaca dan memirsa, keterampilan berbicara dan presentasi, dan elemen keterampilan menulis. Desain penelitian menggunakan penelitian analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah buku teks Bahasa Indonesia yang berjudul Pembelajaran Unggul Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas X terbitan PT Bumi Aksara tahun 2022. Data diambil atau ditemukan dari setiap bab buku ini yang menyajikan elemen-elemen keterampilan berbahasa sesuai dengan materi dan kegiatan pembelajaran yang disajikan. Data yang ditemukan tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama, bahwa setelah dianalisis kesesuaian antara materi pada elemen keterampilan menyimak, membaca dan menulis pada setiap bab buku tersebut sudah sangat sesuai dengan capaian pembelajaran pada standar isi, yang jika dihitung dengan penskoran masuk dalam kategori sangat sesuai. Kedua, untuk elemen keterampilan berbicara yang disajikan materi dan kegiatan pembelajarannya belum sesuai dan masuk kategori sangat kurang sesuai dengan skor 17%. Simpulan dari penelitian ini didapatkan empat uraian yaitu, untuk elemen menyimak sudah sangat sesuai, pada elemen berbicara pada tingkat sangat kurang sesuai, pada elemen membaca pada tingkat sangat sesuai, dan pada elemen menulis pada tingkat sangat sesuai dengan standar isi kurikulum merdeka. Kata Kunci: Materi, buku teks Bahasa Indonesia, Standar Isi Kurikulum Merdeka   ABSTRACT Wijaya, Aicha Lagrima. 2024. Analysis of the Suitability of Indonesian Language Textbook Materials for Grade X SMK/MAK Published by Bumi Aksara with the Content Standards of the Independent Curriculum. Thesis, Master of Education in Indonesian Language and Literature, Postgraduate Program, Jambi University, Advisors: (1) Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M.Pd. (2) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum. This study aims to determine the level of suitability of the Indonesian language textbook materials for Grade X or Phase E of SMA/SMK used by Grade X students at SMK Baiturrahim Jambi with the learning achievements specified in the Content Standards established by the Curriculum Standards Assessment and Education Board of the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology of the Republic of Indonesia in the implementation of the Independent Curriculum. The learning achievements in the Content Standards are divided into four language skill elements, which include listening skills, reading and viewing skills, speaking and presentation skills, and writing skills. The research design uses descriptive analysis research. The data source used in the study is the Indonesian language textbook titled "Pembelajaran Unggul Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas X" published by PT Bumi Aksara in 2022. Data were taken or found from each chapter of this book that presents the language skill elements according to the materials and learning activities presented. The data found were analyzed using qualitative descriptive techniques. The results of this study are, first, that after analyzing the suitability between the materials in the listening, reading, and writing skill elements in each chapter of the book, it is very suitable with the learning achievements in the content standards, which, when scored, fall into the very suitable category. Second, for the speaking skill element, the presented materials and learning activities are not suitable and fall into the very unsuitable category with a score of 17%. The conclusion of this study is obtained in four descriptions, namely, the listening element is very suitable, the speaking element is very unsuitable, the reading element is very suitable, and the writing element is very suitable with the content standards of the independent curriculum. Keywords: Materials, Indonesian language textbook, Independent Curriculum Content Standards

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Materi, buku teks Bahasa Indonesia, Standar Isi Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: WIJAYA
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:51
Last Modified: 18 Jul 2024 01:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68607

Actions (login required)

View Item View Item