PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA SMA KELAS X

HASANAH, USWATUN PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA SMA KELAS X. JURNAL PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA SMA KELAS X.

[img] Text
COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)

Abstract

ABSTRAK Hasanah,Uswatun. 2019.“Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pendekatan Konstruktivistik Pada Materi Virus Untuk Siswa Kelas X SMA”: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr.Upik Yelianti.M.S (II) Dr.Hj.Harlis,M.Si Kata Kunci : konstruktivistik, modul pembelajaran, virus Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA N 7 Kota Jambi, rendahnya persentase ketuntasan nilai ulangan peserta didik pada materi virus menunjukkan bahwa, materi virus termasuk ke dalam materi yang sulit untuk dipahami peserta didik. Selain itu, kurangnya sumber belajar dan sarana pendukung dalam menyampaikan materi pembelajaran juga menjadi salah satu faktor rendahnya nilai yang diperoleh peserta didik. Salah satu cara yang efektif yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakankan media pembelajaran, salah satunya yaitu media modul. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini adalah ADDIE. Tahapan yang dilalui dalam penelitian ini meliputi Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang digunakan saat validasi ahli dan uji lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan cara menganalisa data hasil angket dan menafsirkan skor secara kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi pada media telah dinyatakan layak untuk diuji di lapangan setelah melalui 2 tahap validasi media secara keseluruhan hasil validasi media di dapatkan peningkatan dari 68,75% dan 75% dengan kategori “Sangat Baik” dan 2 tahap validasi materi secara keseluruhan hasil validasi media di dapatkan peningkatan dari 56,66% dan 81,66% dengan kategori “Sangat Baik”. Respon siswa pada uji kelompok kecil memiliki persentase skor keseluruhan sebesar 80,68% dengan kriteria “Baik” sedangkan pada uji kelompok besar diperoleh 82,19% dan kriteria “Sangat Baik”. Respon guru bidang studi memiliki persentase skor 79,41% dan kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut modul pembelajaranan berbasis pendekatan konstruktivistik pada materi virus ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Dan disarankan agar modul ini dapat digunakan dalam pembelajaran biologi khususnya materi virus.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: USWATUN HASANAH
Date Deposited: 24 Jan 2019 03:25
Last Modified: 24 Jan 2019 03:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6861

Actions (login required)

View Item View Item