MAHMUDI, MAHMUDI PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 MUARO JAMBI.
Text
cover.pdf Download (97kB) |
||
|
Image
pengesahan.jpg Download (338kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (238kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (86kB) |
Abstract
ABSTRAK Mahmudi. 2018. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Muaro Jambi.Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Irzal Anderson, M.Si, (II) Maryatun Kabatiah, M.Pd Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar Lingkungan keluarga merupakan tempat seorang anak pertama kali untuk mengenal pendidikan. Keluarga mempunyai peranan besar dalam pemberian motivasi belajar, karena dengan adanya motivasi akan memudahkan siswa untuk belajar. Namun pada kenyataanya tidak banyak siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dalam belajarnya. Lingkungan keluarga diharapkan mampu memberi sumbangan yang positif terhadap pemberian motivasi belajar agar anak tersebut lebih bersemangat lagi. Karena didalam keluarga merupakan lingkungan pertama seorang anak untuk mengenal pendidikan dan didalam keluarga pula seorang anak akan mendapatkan arahan, bimbingan dan dorongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas XI IPS SMA N 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dilaksanakan di SMA 1 Muaro Jambi pada siswa kelas XI IPS dengan sampel berjumlah 61 orang siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket, diolah dengan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t dengan bantuan Microsoft Excel 2007 dan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga yang baik akan meningkatkat motivasi belajar. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluraga terhadap hasil belajar dengan besaran pengaruh dalam uji hipotesis sebesar 0.631 dengan nilai signifiksn 0,000 < α = 0,05. Dalam koefisien determinasi terdapat pengaruh sebesar 0.398 atau pengaruh sebesar 39.8%. Berdasarkan penelitian ini diharapkan keluarga mampu menciptakan lingkungan keluarga yang nyaman dan kondusif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MAHMUDI |
Date Deposited: | 24 Jan 2019 04:06 |
Last Modified: | 24 Jan 2019 04:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6866 |
Actions (login required)
View Item |