MARLIANTI, NOVA PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (103kB) |
||
|
Image
pengesahan.jpg Download (468kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (51kB) |
||
Text
BAB I.docx Download (34kB) |
||
Text
BAB V.docx Download (19kB) |
Abstract
ABSTRAK Marlianti, Nova. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Administrator Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di SMA Negeri 1 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Akmal Sutja, M.Pd., (II) Dr. K. A. Rahman, M.Pd.I., Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator dan kompetensi profesional guru serta mencari tahu ada tidaknya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator terhadap kompetensi profesional guru di SMA Negeri 1 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Jambi pada Oktober 2018 dengan jumlah populasi 51 responden. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada guru. Setelah angket diisi dan dikembalikan kepada peneliti, selanjutnya data dianalisis dengan statistik deskriptif dan dengan teknik analisis datanya regresi linier sederhana. Sebelum dilakukan uji analisis, maka dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas One Sample Kolmogorov-Smirnov dan uji liniearitas. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5%. Diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator terhadap kompetensi profesional guru. Hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan pada model summary diperoleh angka R square adalah sebesar 0,250 atau 25% Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh kepala sekolah sebagai administrator terhadap kompetensi profesional guru sebesar 25%, sedangkan sisanya (100% - 25% = 75%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Disarankan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan seperti kepala sekolah, guru, pengelola pendidikan dan pemerintah hendaknya senantiasa meningkatkan kualitas kompetensi profesional yang dimilikinya agar tujuan dari pendidikan dapat tercapai dengan mudah. Kata kunci: Kepala Sekolah Sebagai Administrator, Kompetensi Profesional Guru.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NOVA MARLIANTI |
Date Deposited: | 24 Jan 2019 06:56 |
Last Modified: | 24 Jan 2019 06:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6868 |
Actions (login required)
View Item |