Susanti, Yuni (2018) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA MENGIKUTI ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. Artikel. (Unpublished)
Text
Artikel-converted (1).pdf Download (143kB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH KEAKTIFAN SISWA MENGIKUTI ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI Penulis : Yuni Susanti NIM : A1E114003 Pembimbing I : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Pembimbing II : Drs. Joni Afri, M.Pd Kata Kunci : Keaktifan mengikuti OSIS, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena lapangan yang terjadi salah satunya adalah pada siswa yang mengikuti atau aktif dalam organisasi siswa intra sekolah (OSIS) memiliki hasil belajar yang tinggi dilihat dari legger nilai siswa yang mengikuti organisasi tersebut. Siswa yang aktif dalam beroganisasi cenderung memiliki rasa percaya diri, mudah bersosialisasi, dan lebih bertanggungjawab, serta aktif bertindak dalam hal pelajaran yang membuat siswa berani mengemukakan pendapat sehingga memiliki prestasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh keaktifan siswa mengikuti organisasi siswa intra sekolah (OSIS) terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi siswa yang aktif mengikuti OSIS di SMP Negeri 22 Kota Jambi yang berjumlah 60 orang. Dari jumlah populasi penelitian tersebut, kemudian dihitung jumlah sampel representatifnya, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 60 orang sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple Total sampling. Alat yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan data yang diperoleh lalu di analisis dengan menggunakan statistik parametrik Regresi Linear Sederhana dengan bantuan program SPSS 20.00. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh keaktifan siswa mengikuti organisasi siswa intra sekolah (OSIS) terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Sebab dari perhitungan koefisien rxy hitung sebesar 0,272; koefisien determinasi r2 xy sebesar 7,4. Sedangkan nilai Fhitung sebesar 4,645 sedangkan nilai Ftabel sebesar 4,00. Maka Fhitung> Ftabel, dapat disimpulkan Ho ditolak dan nilai Asymplotic Sig dari masing-masing variabel adalah 0,812 dan 0,509. Sesuai dengan kriteria penafsiran, maka diketahui bahwa ke dua nilai Asymp Sig > 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan berdasarkan hasil analisis tersebut dapat dinyatakan bahwa data kedua variabel berdistribusi normal. Hal ini juga dapat dilihat dengan Sign (0,812) > α (0,05) dan dengan Sign (0,509) > α (0,05).
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Depositing User: | YUNI SUSANTI |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 02:47 |
Last Modified: | 25 Jan 2019 02:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6871 |
Actions (login required)
View Item |