Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantu Media Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn Kelas XI SMA Negeri 6 Muaro Jambi

Mulia, Fadilla (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantu Media Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn Kelas XI SMA Negeri 6 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
COVER JUDUL.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (1).pdf

Download (163kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK MULIA, FADILLA. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Question Card terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PPKn Kelas XI SMAN 6 Muaro Jambi” Skripsi. Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Jambi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Question Card dan Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran PPKn, perlu dilakukan berbagai upaya untuk mengatasinya, salah satunya adalah menentukan metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara berfikir dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting berbantuan media question card terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn kelas XI SMAN 6 Muaro Jambi. Dalam penelitian ini digunakan desain penelitian eksperimen jenis control group pretest design. Peneliti melakukan pengukuran terhadap pelajaran PPKn pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan seperangkat kondisi yang berbeda antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan pembelajaran PPKn menggunakan model pembelajaran probing prompting berbantuan media question card, sedangkan kelompok kontrol hanya menggunakan teknik pembelajaran tradisional yaitu ceramah. Dari perhitungan statistik dapat dilihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas XI pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan perolehan nilai pada kelas kontrol, hal ini disebabkan dari perlakuan yang diberikan. Pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting berbantuan media question card diperoleh nilai rata-rata ( X ) = 71,67 simpangan baku (S) = 11,02 dan varian (S2)= 121,51. Sedangkan pada kelas kontrol diajarkan secara konvensional diperoleh nilai rata-rata (X) = 63,38 simpangan baku (S) = 12,7 dan varian (S2) = 161,04. Dengan hasil hipotesis thitung > ttabel (12,37 > 2,02), dengan demikian rata-rata hasil belajar siswa pos tes belajar, simpangan baku, varians dan hipotesis kelompok eksperimen berbeda secara signifikan dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran probing prompting berbantuan media question card terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn kelas XI SMAN 6 Muaro Jambi. Berdasarkan temuan penelitian ini, maka disarankan kepada guru untuk melakukan pengajaran dengan metode pembelajaran yang bervariasi salah satunya model pembelajaran probing prompting berbantuan media question card.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Probing Prompting, Berbantu Media Question card, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: MULIA
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:49
Last Modified: 18 Jul 2024 08:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68730

Actions (login required)

View Item View Item