ASTRI, DEWI HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN BERMAIN PERAN DENGAN KETERAMPILAN DALAM KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. JURNAL HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN BERMAIN PERAN DENGAN KETERAMPILAN DALAM KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (287kB) |
|
![]()
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (410kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (25kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (94kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (58kB) |
Abstract
ABSTRAK Astri, Dewi. 2018. Hubungan Antara Kegiatan Bermain Peran Dengan Keterampilan Dalam Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si., Dan Pembimbing II Dr. KA. Rahman, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Kegiatan Bermain Peran, Kecerdasan Interpersonal Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kegiatan bermain peran dengan keterampilan dalam kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Kegiatan bermain peran adalah permainan yang memerankan tokoh-tokoh, benda-benda, binatang atau tumbuhan tertentu yang berada disekitar anak sehingga dapat mengembangkan daya khayal atau imajinasi anak. Main peran juga menjadi perhatian penting karena dalam anak bermain dapat mengembangkan seluruh kecerdasan anak dan ranah berpikir anak. Kecerdasan interpersonal adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional, karena untuk mengetahui ada tidaknya hubungan variabel yang satu dengan variabel yang lain berdasarkan koefisien korelasi. Metode ini disebut Metode kuantitatif karena penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Hasil penelitian yang didapatkan setelah dilakukan pengumpulan data terhadap kegiatan bermain peran didapatkan rata-rata nilai 55,81 dan rata-rata nilai keterampilan dalam kecerdasan interpersonal 69,93. Tahap awal yang dilakukan sebelum melakukan uji hipotesis adalah melakukan uji normalitas terhadap hasil data awal, maka diperoleh nilai pada kegiatan bermain peran Lhitung (0.097) < Ltabel (0.1067) serta untuk data keterampilan dalam kecerdasan interpersonal Lhitung (0.1015) < Ltabel (0.1067). Dengan hasil Lhitung<Ltabel, maka data dari kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Pada tahap akhir uji korelasi antara kedua variabel kegiatan bermain peran dengan keterampilan dalam kecerdasan interpersonal didapatkan t_(hitung=) 3,8551 > t_tabel 1,6679, dengan begitu maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara kedua variabel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan antara kegiatan bermain peran dengan keterampilan dalam kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Falah Kota Jambi Tahun Akademik 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan nilai rhitung = 0,426 pada Kriteria Penafsiran Kolerasi 0.426 termasuk kedalam penafsiran sedang.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DEWI ASTRI |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 03:45 |
Last Modified: | 25 Jan 2019 03:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |