Jefri, Muhammad Jefri (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL(UMK) DALAM MELAKUKAN SERTIFIKASI HALAL SELF DECLARE. S1 thesis, EKONOMI ISLAM.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
COVER (1).pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Pengesahan dan Keaslian .pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Faktor Pemahaman, Faktor Kesadaran, Faktor Biaya, Faktor Regulasi terhadap Keputusan pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) dalam melakukan sertifikasi halal self declare di Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan pada pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) kategori Makanan dan Minuman yang telah mendaftar sertifikasi halal self declare di Kota Jambi tahun 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden dari 515 populasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan uji regresi linear berganda menggunakan Program Aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Faktor Pemahaman dan Faktor Regulasi tidak berpengaruh terhadap keputusan pelaku usaha, sedangkan Faktor Kesadaran dan Biaya berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelaku usaha. Secara simultan Faktor Pemahaman, Faktor Kesadaran, Faktor Biaya, Faktor Regulasi berpengaruh terhadap keputusan pelaku usaha. Kata Kunci : Pemahaman, Kesadaran, Biaya, Regulasi, Sertifikasi Halal Self Declare. ABSTRACT This study aims to determine the effect of the Understanding Factor, Awareness Factor, Cost Factor, Regulatory Factor on the decision of micro and small business actors (MSEs) to conduct self-declaration halal certification in Jambi City. This research was conducted on micro and small business actors (MSEs) in the Food and Beverage category who have registered for self-declare halal certification in Jambi City in 2023. The method used in this research is quantitative method. The technique used in sampling is purposive sampling technique. The number of samples taken was 100 respondents from 515 population. Data collection in this study using a closed questionnaire. The data analysis technique in this study was carried out by multiple linear regression tests using the SPSS 22 Application Program. The results showed that partially the Understanding Factor and the Regulatory Factor had no effect on business decisions, while the Awareness Factor and Cost had a significant effect on business decisions. Simultaneously Understanding Factors, Awareness Factors, Cost Factors, Regulatory Factors affect the decisions of business actors. Keywords: Understanding, Awareness, Cost, Regulation, Self Declare Halal Certification.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam |
Depositing User: | JEFRI |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 06:40 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68757 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |