ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, TUNNELING INCENTIVE TERHADAP KEPUTUSAN PERUSAHAAN UNTUK MELAKUKAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2021

Salwa, Amirah ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, TUNNELING INCENTIVE TERHADAP KEPUTUSAN PERUSAHAAN UNTUK MELAKUKAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2021. Jambi Accounting Review. ISSN 2747 1187

[img] Text
SKRIPSI_AMIRAH_SALWA_C1C017007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (485kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB_5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Tunneling incentive terkhadap Keputusan Perusahaan untuk melakukan Transfer Pricing pada Perusahaan manufaktur sektor consumer non-cyclicals di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2021. Variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas (X1) yang diukur menggunakan ROA, leverage (X2) yang diukur menggunakan DER, dan tunneling incentive (X3) yang diukur menggunakan persentase kepemilikan saham diatas 20% oleh perusahaan asing. Sedangkan variabel dependennya adalah Keputusan dalam melakukan transfer pricing yang diukur dengan Cash ETR (effective tax rate). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perusahaan manufaktur sektor consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2021 dengan menggunakan metode purposive sampling dan didapat sebanyak 16 perusahaan. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan tunneling incentive berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan perusahaan dalam melakukan transfer pricing. Pada Leverage, tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan untuk melakukan transfer pricing. Kata Kunci: CETR, DER, ROA, Transfer Pricing

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: SALWA
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:33
Last Modified: 18 Jul 2024 06:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68781

Actions (login required)

View Item View Item