KONTRIBUSI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KREATIFITAS BELAJAR SISWA KELAS XI MAN PEMAYUNG

Amin, Muhammad (2018) KONTRIBUSI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KREATIFITAS BELAJAR SISWA KELAS XI MAN PEMAYUNG. Kreatifitas Belajar, Layanan Penguasaan Konten. (Unpublished)

[img] Text
cover.pdf

Download (47kB)
[img] Text
IMG-20190124-WA0004[1].pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB_I[1].pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB_V[1].pdf

Download (105kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Kontribusi Layanan Penguasaan Konten Terhadap Kreatifitas Belajar Siswa Kelas XI MAN Pemayung Dosen Pembimbing I : Drs. Asradi, MM Dosen Pembimbing II : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Berdasarkan latar belakang permasalahan di kelas XI MAN Pemayung, penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar tingkat kontribusi penyelenggaraan layanan penguasaan konten terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI MAN Pemayung yang telah diselenggarakan oleh guru BK, karena berdasarkan fenomena yang terjadi dikelas XI MAN Pemayung dan keterangan yang didapat dari guru mapel bahwa siswa kelas XI ini kurang kreatif dalam belajar yaitu kurang aktif bertanya dan menjawa, malas belajar, pengerjaan tugas selalu sama antara satu dan yang lain. Kreativitas belajar merupakan kemampuan individu dalam berfikir dan bertindak menciptakan sesuatu yang baru yang berkembang didasari oleh potensi yang ada dalam diri individu dan ditunjang oleh pengalaman selama berinteraksi dengan lingkungannya yang direalisasikannya didalam belajar. Layanan penguasaan konten merupakan salah satu layanan dalam Bimbingan Konseling yang tepat untuk meningkatkan kreatiftas siswa dalam bidang belajar. Layanan penguasaan konten merupakan layanan yang diberikan kepada peserta didik yang bertujuan menguasainya kompetensi tertentu didalam belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Expost-facto, penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar tingkat kontribusi dari pemberian layanan penguasaan konten terhadap kreatifitas belajar siswa kelas XI MAN Pemayung yang telah dilakukan oleh guru BK. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel (X) adalah layanan penguasaan konten sedangkan variabel (Y) adalah kreatifitas belajar. Temuan dalam penelitian ini : 1). Rata-rata tingkat persentase layanan penguasaan konten yang telah dilakukan oleh guru BK dikelas XI MAN Pemayung berjumlah 49,0% sedangkan rata-rata tingkat persentase kreatifitas belajar siswa kelas XI MAN Pemayung berjumlah 49,9%. 2). Hasil analisis data dengan menggunakan metode statistik regresi sederhana, R Square (Koefesiensi Determinasi) yang diperoleh sebesar 40,8% dengan kriteria penafsiran berada pada tingkat “Cukup Kuat”. 3). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh adalah sebesar 0,003 dengan dasar pengambilan keputusan yang telah ditentukan sebelumnya, diketahui bahwa nilai sig.<0,05 menyatakan terima Ho dan tolak lainnya. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa “terdapat kontribusi layanan penguasaan konten terhadap kreatifitasbelajarsiswakelas XI MAN Pemayung”. Kata kunci :Kreatifitas Belajar, Layanan Penguasaan Konten

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M. AMIN
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:11
Last Modified: 25 Jan 2019 04:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6883

Actions (login required)

View Item View Item