Rahayu, Puji (2018) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. Konsep Diri, Perencanaan Karir. (Unpublished)
Text
A1E114021-Artikel.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 8 Kota Jambi Nama : Puji Rahayu NIM : A1E114021 Dosen Pembimbing : Drs. Rasimin, M.Pd Dan Drs. Nelyahardi, M.Pd Kata Kunci: Konsep Diri, Perencanaan Karir Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena lapangan yang menunjukkan adanya siswa yang mengalami kebingungan, tidak percaya diri dan memandang diri negatif serta kekurangmampuan mereka dalam mempersiapkan kehidupan di masa depan, terutama terkait dengan perencanaan karir. Batasan masalah pada variabel konsep diri terkait pengetahuan individu tentang dirinya sendiri; harapan individu terhadap dirinya sendiri; dan penilaian individu yang berkaitan dengan dirinya sendiri, pada variabel perencanaan karir terkait dengan pemahaman diri sendiri; pengetahuan tentang dunia kerja; dan penalaran yang realistis mengenani hubungan pemahaman diri dan pengetahuan dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan konsep diri dan perencanaan karir siswa, serta untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perencanaan karir siswa kelas XII di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian asosiatif, dengan populasi siswa kelas XII di SMA Negeri 8 Kota Jambi yang berjumlah 632 orang. Dari jumlah populasi penelitian tersebut, ditentukan jumlah sampel yang berjumlah 93 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Intrument pengumpulan data dalam penelitian adalah angket yang berisi 56 item pernyataan untuk semua variabel penelitian. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis statistik Correlations Pearson Product Moment dengan bantuan aplikasi program komputer SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri siswa berkualitas sedang yaitu 59,4%, sedangkan perencanaan karir siswa berkualitas baik yaitu 67,3%. Berdasarkan hasil analisis data dengan korelasi r hitung 0,639 > r tabel 0.2645 pada tingkat kepercayaan 99% (α 0.01), Maka diketahui bahwa terdapat korelasi sedang yang artinya terdapat hubungan yang sangat signifikan antara konsep diri dengan perencanaan karir siswa kelas XII di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Hasil ini memberikan implikasi pada pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di Sekolah. Sesuai dengan hasil yang diperoleh, maka guru pembimbing memiliki peranan penting untuk membantu mengoptimalkan konsep diri positif dan kemampuan perencanaan karir siswa yang berguna untuk kesuksesan masa depan siswa. Guru pembimbing dapat memberikan bantuan melalui kegiatan bimbingan karir dalam bentuk bimbingan kelompok ataupun melalui kegiatan dalam pelayanan individu seperti konseling karir, sehingga harapan untuk berkembangnya konsep diri positif dan menjadikan perencanaan yang realisitis pada kehidupan masa depan siswa dapat tercapai dengan baik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PUJI RAHAYU |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 02:47 |
Last Modified: | 25 Jan 2019 02:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6885 |
Actions (login required)
View Item |