-, Siska (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KESEHATAN JIWA ANAK USIA SEKOLAH DI YAYASAN SUMATERA RINDANG. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK SISKA.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
BAB I SISKA.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
BAB V SISKA.pdf Download (515kB) |
![]() |
Text
COVER SISKA.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SISKA.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI SISKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN SISKA.pdf Download (617kB) |
Abstract
Latar Belakang: Anak yatim piatu merupakan kelompok khusus anak-anak yang umumnya terpinggirkan dan rentan mengalami gangguan kejiwaan. upaya yang dapat dilakukan adalah memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan jiwa sebagai upaya peningkatan kesehatan jiwa. Agar edukasi dapat dipahami dengan mudah oleh anak usia sekolah, maka edukasi perlu disampaikan menggunakan media yang bervariatif yaitu media pop up book karena pop up book memberikan kejutan dalam setiap halaman yang akan membuat cerita semakin nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop up book terhadap kesehatan jiwa anak usia sekolah. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan quasy eksperiment menggunakan pendekatan pretest-posttest control group design dengan jumlah 20 responden yang terbagi dalam 10 kelompok intervensi dan 10 kelompok kontrol. Pengukuran data dengan instrumen SDQ. Analisa data univariat menggunakan distribusi frekuensi. Analisa bivariat menggunakan uji paired t-test. Hasil: Hasil penelitian kesehatan jiwa setelah diberikan media pop-up book yaitu pada kelompok intervensi, 10 responden berada pada kategori normal (100%) sedangkan pada kelompok kontrol 8 responden berada pada kategori abnormal (80%) dan 2 responden berada pada kategori ambang (20%). yang di uji menggunakan uji paired t-test didapatkan p-value 0,001 atau p < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari kesehatan jiwa sebelum dan sesudah diberikan edukasi menggunakan media pop up book. Kesimpulan: Ada Pengaruh signifikan antara kesehatan jiwa sebelum dan sesudah diberikan media pop-up book di Yayasan Sumatera Rindang. Diharapkan kepada Yayasan Sumatera Rindang agar dapat mengembangkan media pop-up book untuk proses belajar yang lebih menarik dan efektif. Kata Kunci: Anak Usia Sekolah, Kesehatan Jiwa, Pop up Book Background: Orphans are a special group of children who are generally marginalized and vulnerable to mental disorders. Efforts that can be made are to provide education about the importance of maintaining mental health as an effort to improve mental health. So that education can be easily understood by school age children, education needs to be delivered using varied media, namely pop-up book media because pop-up books provide surprises on every page which will make the story even more real. This research aims to determine the effect of using pop up book media on the mental health of school-aged children. Method: This research is a quasi-experimental quantitative research using a pretest-posttest control group design approach with 20 respondents divided into 10 intervention groups and 10 control groups. Data measurement with the SDQ instrument. Univariate data analysis using frequency distribution. Bivariate analysis uses paired t-test. Results: The results of mental health research after being given pop-up book media were that in the intervention group, 10 respondents were in the normal category (100%) while in the control group 8 respondents were in the abnormal category (80%) and 2 respondents were in the borderline category (20% ). which was tested using the paired t-test, the p-value was 0.001 or p < 0.05. This shows that there is a significant difference in mental health before and after being given education using pop up book media. Conclusion: There is a significant influence between mental health before and after being given pop-up book media at the Sumatra Rindang Foundation. It is hoped that the Sumatra Rindang Foundation can develop pop-up book media for a more interesting and effective learning process. Keywords: Mental Health, Pop up Book, School Age Children
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Sekolah, Kesehatan Jiwa, Pop up Book |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Siska |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 01:51 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 01:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |