HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIKAP AGRESIFITAS SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 KERINCI

IQBAL, MUHAMMAD (2018) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIKAP AGRESIFITAS SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 KERINCI. KECERDASAN EMOSIONAL DAN SIKAP AGRESIFITAS. (Unpublished)

[img] Text
COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Surat Pengesahan.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Sikap Agresifitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Kerinci Nama : Muhammad Iqbal NIM : A1E113013 Pembimbing I : Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si Pembimbing II : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Kata Kunci: Kecedasan Emosiona, Sikap Agresifitas. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk mengenali, mengekspresikan, dan mengelola emosi, baik emosi dirinya sendiri maupun emosi orang lain, dengan tindakan konstruktif, yang berupaya bekerja sama sebagai tim yang mengacu pada produktivitas dan bukan pada konflik. Sedangkan sikap agresifitas merupakan suatu bentuk perilaku, lisan, dan perbuatan yang diarahkan dengan tujuan untuk membahayakan orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 13 Kerinci bahwa di sekolah masih ada siswa yang kurang mampu mengontrol emosinya sehingga berdampak pada sikap agresif terhadap sesama temannya di sekolah. Alasan inilah yang mengarahkan peneliti untuk mengangkat judul: Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Sikap Agresifitas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Kerinci. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan antara kecerdasan emosional dengan sikap agresi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Kerinci. Dalam penelitian ini membahas kecerdasan emosional yang memiliki hubungan erat dengan sikap agresi. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, dengan populasi adalah seluruh kelas VIII yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 80 siswa. Jumlah sampel sebanyak 60 yang diambil menggunakan tekhnik simple random sampling. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah berupa angket dengan 73 item terdiri dari 39 item variabel Kecerdasan Emosional serta 34 item variabel Sikap Agresi. Item pertanyaan dibuat dengan mengikuti skala model Guttman, responden dapat memilih jawaban dengan cara memberi ceklist (√) pada lembar jawaban dan terdapat dua alternatif jawaban yaitu “Ya” dan “Tidak”. Dengan hasil analisis uji korelasi yang telah dilakukan dengan bantuan SPSS 23.0, dan hasil uji korelasi product moment, diperoleh hasil output uji korelasi atau r hitung sebesar -0,623 yang berada pada tingkat hubungan korelasi sedang/hubungan memadai. Koefisien korelasi tersebut dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,23, r hitung > r tabel (-0,623 < 0,23). Maka, hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan sikap agresi dapat diterima. Dengan demikian, bahwa antara kecerdasan emosional dengan sikap agresi terdapat korelasi negatif. Berdasarkan hasil temuan tersebut diharapkan dapat memberi kontribusi kepada pihak sekolah, khususnya guru pembimbing dapat memberikan layanan dan konseling terhadap pengembangan kecerdasan emosional siswa agar terhindar dari sikap agresi yang berlebihan yang dapat menciderai orang lain.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUHAMMAD IQBAL
Date Deposited: 24 Jan 2019 09:14
Last Modified: 24 Jan 2019 09:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6888

Actions (login required)

View Item View Item