MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI MEWARNAI GAMBAR MENGGUNAKAN KRAYON PADA KELOMPOK B TK HANNISA KOTA JAMBI

PERDANA SARI, INTAN MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI MEWARNAI GAMBAR MENGGUNAKAN KRAYON PADA KELOMPOK B TK HANNISA KOTA JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI MEWARNAI GAMBAR MENGGUNAKAN KRAYON PADA KELOMPOK B TK HANNISA KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (53kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (229kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK Intan Perdana Sari. 2018. Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Mewarnai Gambar menggunakan Krayon pada Kelompok B TK Hannisa Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Dr. KA. Rahman, S. Ag. M.Pd.I Kata Kunci: Perkembangan Motorik Halus, Mewarnai Gambar Perkembangan motorik halus merupakan faktor yang sangat penting bagi perkembangan anak usia dini, karena melalui motorik halus ini lah anak belajar untuk mengkoordinasi mata dan tangan, sehingga anak dapat melakukan latihan-latihan menggunakan otot-otot halus. Sedangkan Mewarnai gambar merupakan kegiatan yang menarik dan menyenangkan yang dapat mengembangkan imajinasi dan kreasi anak. Dengan mewarnai juga dapat membantu perkembangan otot-otot kecil atau otot-otot halus anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Perkembangan motorik halus anak melalui Mewarnai Gambar menggunakan Krayon pada Kelompok B TK Hannisa Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah TK Hanisa dengan jumlah 14 anak. Siklus PTK terdiri dari empat langkah yaitu: 1) perencanaan (planning), 2) tindakan (acting), 3) pengamatan (observing), 4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil pada Pratindakan Perkembangan motorik halus anak melalui Mewarnai Gambar menggunakan Krayon pada anak kelompok B di TK Hanisa kelihatan anak masih belum berkembang dengan nilai 16,7 %. Perkembangan Motorik halus anak Kelompok B TK Hanisa memiliki peningkatan setiap siklusnya. Dari Pratindakan 16,7%, Siklus I Pertemuan Terakhir: 42,95%, Siklus II Pertemuan terakhir 56,99 % dan akhirnya Siklus III 90,58 %. Perkembangan motorik halus anak di TK Hanisah dapat ditingkatkan melalui mewarnai gambar dengan krayon. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan dalam setiap siklus yaitu siklus terakhir (Siklus III Pertemuan 3) terbukti melalui mewarnai gambar menggunakan krayon pada kelompok B TK Hannisa berkembang sangan baik (BSB) sudah mencapai ketuntasan dan memnuhi criteria keberhasilan diatas 85% yaitu 90,58%. Bagi pihak sekolah memberikan yang terbaik untuk kelanjutan pembelajaran sesuai yang dibutuhkan sekolah. Bagi guru dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran yang lebih inovatif, inspiratif dan kreatif. Bagi orang tua supaya anak harus lebih mengembangkan inisiatif. Kreativitas keaktifan serta motivasi belajar anak. Bagi peneliti lain yang hendak mengkaji permasalahan yang berbeda hendaknya lebih cermat mengenali motorik halus anak melalui mewarnai gambar menggunakan krayon.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: INTAN PERDANA SARI
Date Deposited: 25 Jan 2019 03:46
Last Modified: 25 Jan 2019 03:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6890

Actions (login required)

View Item View Item