FRESTI, MERRY PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI KELAS A TK BAITURRAHMAH KOTA JAMBI. JURNAL PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI KELAS A TK BAITURRAHMAH KOTA JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (18kB) |
||
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (407kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (173kB) |
Abstract
ABSTRAK Merry Fresti. 2018 Penggunaan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Kelas A TK Baiturrahmah Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Tumewa pangaribuan, M.Pd dan Pembimbing II Dr. K.A. Rahman, M.Pd.I Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Perkembangan Bahasa Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Salah satu aspek perkembangan yang ingin dicapai oleh anak usia dini adalah aspek perkembangan bahasa anak. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk perkembangan bahasa anak usia dini adalah metode bermain peran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana perkembangan bahasa anak usia dini yang dikembangkan melalui metode bermain peran di kelompok A TK Baiturrahmah Kota Jambi? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan bahasa anak dalam hal memahami bahasa, mengungkapkan bahasa dan keaksaran melalui metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas A TK Baiturrahmah Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak kelas A TK Baiturrahmah Kota Jambi sebanyak 20 orang dan sampel dalam Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling dengan jumlah sampel sebnayak 4 anak yang memiliki perkembangan bahasa kurang baik. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan lembar observasi mengenai perkembangan bhaasa anak usia dini dan wawancara dengan guru kelas sebagai pendukung hasil observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak dalam hal memahami bahasa melalui metode bermain peran sudah baik, cukup baik dan kurang baik serta perkembangan bahasa anak dalam hal mengungkapkan bahasa melalui metode bermain peran sangat baik, baik, mulai berkembang dan kurang baik. Perkembangan bahasa anak dalam hal keaksaran melalui metode bermain peran sangat baik dan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bermain peran dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini yang meliputi kemampuan memahami bahasa, mengungkapkan bahasa dan keaksaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MERRY FRESTI |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 03:46 |
Last Modified: | 25 Jan 2019 03:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6891 |
Actions (login required)
View Item |